HARI PENGLIHATAN SEDUNIA 12 OKTOBER 2017

Published  Thursday,   12 october 2017   12:00 PM

Written by Admin

 

 

 

 

 

WORLD SIGHT DAY adalah Peringatan Advokasi dan Komunikasi yang dimaksudkan untuk menyebarluaskan informasi kepada seluruh masyarakat di dunia agar memberikan perhatian dan mendukung penanggulangan masalah gangguan penglihatan dan kebutaan demi terwujudnya visi 2020, yakni hak setiap orang untuk dapat melihat.

Indonesia, masih tingginya masalah penglihatan menyebabkan tingkat produktivitas menjadi menurun. Dalam upaya Hari Penglihatan Sedunia strategi melalui Roadmap percepatan penanggulangan gangguan penglihatan adalah setiap orang Indonesia mempunyai pengllihatan optimal dan dapat sepenuhnya mengembangkan potensi diri. Sementara tujuan roadmap tersebut adalah penurunan prevalensi gangguan penglihatan dan tersedianya pelayanan rehabilitasi yang efektif dan terjangkau bagi orang dengan gangguan penglihatan permanen. Katarak masih penyebab utama kebutaan di Indonesia. Oleh sebab itu, fokus dari program ini adalah penanggulangan Katarak. Program lainnya adalah penanggulangan kelainan refraksi, diabetic retinopati, glaucoma, kebutaan pada anak dan rehabilitasi penglihatan untuk penderita gangguan penglihatan permanen.

Melalui Hari Penglihatan Sedunia Kita diingatkan agar selalu menjaga Kesehatan Mata kita, sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME, dan lakukan pemeriksaan dan perawatan pada mata bagi penderita gangguan penglihatan. JAGA MATA KITA DENGAN POLA HIDUP SEHAT. Hari Penglihatan Sedunia tahun 2017 diperingati dengan tema Internasional : MAKE VISION COUNT, dan tema Nasional : MATA SEHAT INVESTASI BANGSA.