PERTEMUAN APLIKASI PENILAIAN MANDIRI KUALITAS DATA RUTIN BAGI PENGELOLA PROGRAM DINAS KESEHATAN KAB BREBES TAHUN 2017

Written by meilansari

Published   Thursday,  02 November 2017   09:30 AM

Written by Admin

 

 

PMKDR adalah seperangkat metode untuk menilai kualitas data rutin secara mandiri dan berbasis program solving (menghasilkan pemecahan masalah). Target pengguna PMKDR adalah pengelola program kesehatan, tenaga SIK disetiap jenjang administrasi, semua Program Kesehatan yang memiliki data rutin dapat mengaplikasikan metode PMKDR.

Seksi Sumber Daya Kesehatan-Sistem Informasi Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes mengadakan pertemuan Aplikasi Penilaian Mandiri Kualitas Data Rutin (PMKDR). Peserta pertemuan adalah pelaksana atau staf program atau petugas SIK di Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes. Penilaian dilakukan terhadap keseluruhan unit (tidak dilakukan pengambilan sampel). Pertemuan dengan nara sumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah ini membahas pengembangan dari Tools PMKDR berbasis Microsoft Excell, Online maupun Offline, pembahasan mengenai penambahan beberapa fitur pada tools PMKDR sebelumnya yaitu menu login, menu program kerja, menu export dan menu import.

Untuk PMKDR Offline dapat dibuka dengan aplikasi pmkdr-offline, sedangkan aplikasi PMKDR Online dapat diakses melalui web address : www.pusdatin.kemkes.go.id/pmkdr

Pernah dapat pertanyaan seperti dibawah ini :

Tujuan dari melakukan penilaian mandiri kualitas data secara rutin adalah memperoleh kualitas data, data tersebut dapat dijadikan landasan untuk melakukan sistem monev, sehingga akan penting dalam pengambilan kebijakan nantinya. Dengan melakukan penilaian mandiri kualitas data secara rutin, kita dapat meniingkatkan kualitas data, menerapkan penilaian laporan data rutin, verifikasi data, dan penilaian sistem pemantauan dalam pengukuran kualitas data, meningkatkan akurasi dan kelengkapan data program kesehatan untuk tindak lanjut di setiap jenjang administrasi. Teknik yang dilakukan dalam PMKDR yaitu melalui telaah laporan. memverifikasi data, memperoleh penilaian sistem pemantauan dan evaluasi.

Dengan pertemuan aplikasi PMKDR, harapannya adalah ilmu yang sudah didapat akan diterapkan, kualitas data yang akan dikirim ke unit yang lebih tinggi dapat dipertanggungjawabkan akurasinya, unit yang lebih tinggi dapat mengetahui kualitas data yang dikirimkan Puskemas, dan pengelola program di Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes secara tidak langsung dapat mengetahui Puskesmas mana saja yang perlu dibenahi demi meningkatkan kualitas dan akurasi data, ungkap Drs. Moch. Agus Wahid, M.Kes selaku Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan-Sistem Informasi.