IMPLEMENTASI BRIDGING SIMPUS DAN PCARE BPJS KESEHATAN KABUPATEN BREBES 2018

Published   Friday,    2 March 2018            10:30 AM

Written by Admin

 

 

Software SIKDA yang saat ini tengah berjalan di 38 Puskesmas Kabupaten Brebes terintegrasi dengan Simpus untuk Manajemen Pasien, SIMO untuk manajemen Obat, SIMKA untuk Manajemen Kepegawaian, dan SP2TP untuk pelayanan Outdoor. Selain integrasi sistem informasi tersebut, Simpus bridging dengan PCare BPJS Kesehatan. Bridging, proses penjembatanan antar Sistem dan Database melalui Web Service. Seksi Sumber Daya Kesehatan dan Sistem Informasi Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dalam hal ini mengadakan pertemuan terkait dengan Evaluasi Sistem Informasi Kesehatan di Puskesmas yang akan dilakukan Bridging dengan PCARE BPJS Kesehatan. Pertemuan Evaluasi Implementasi ini dihadiri oleh Petugas SP3 38 Puskesmas se Kabupaten Brebes. Dilakukan Bridging ini agar Petugas hanya cukup melakukan entry data ke satu Sistem yang otomatis akan terinput ke sistem Simpus dan Pcare BJPS Kesehatan dalam waktu bersamaan. Sehingga diharapkan efisiensi waktu dan tenaga diperoleh.

Perlu diperhatikan dalam proses bridging ini dimungkinkan menemui beberapa kendala dalam proses entry antara lain : terjadinya ketidakstabilan jaringan pada web service di PCare BPJS Kesehatan untuk diakses, yang menyebabkan data yang dibridging tidak dapat langsung masuk ke PCare BPJS Kesehatan atau Offline Mode. Belum sinkron database PCare dan Bridging. Petugas yang tidak semuanya dapat mengoperasikan komputer, daya listrik yang kurang terpenuhi, koneksi internet yang belum stabil, belum adanya kebijakan tertulis tentang penerapan sistem bridging dan belum adanya standar operasional prosedur dalam pengentrian data ke Simpus pasca bridging.

Adapun kendala diatas dapat diatasi dengan beberapa cara seperti apabila saat mengentry data usahakan agar satu user satu login untuk menghindari block system aplikasi yang menyebabkan tidak dapat mengentry data. Apabila entry pada jam sibuk usahakan mengentry dikemudian hari atau menutup semua akses jaringan di Puskesmas pada masyarakat agar tidak terjadi error dan sementara hanya digunakan untuk entry pada sistem. Entrylah pada salah satu aplikasi saja, Simpus yang sudah bridging atau Pcare Bpjs Kesehatan saja, jika Pcare dalam keadaan lemot untuk diakses. Aplikasi ini jauh dari kata sempurna, untuk itu, mari kita benahi bersama, kritisi bersama sehingga diharapkan kedepan sistem akan semakin baik dan berjalan lancar untuk dapat digunakan menyimpan seluruh data kesehatan bidang kesehatan di Kabupaten Brebes, ungkap Bapak Hidayat, selaku narasumber.