TRAINING CENTER ENUMERATOR RISKESDAS KABUPATEN BREBES TAHUN 2018

Published  Tuesday,   17 April 2018     11:30 AM

Written by Admin

 

 

 

 

Ibu Budi Listyani, SKM selaku Kasie SDK SI Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes memberikan training center kepada 32 petugas enumerator Riskesdas tahun 2018 di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes. Ibu Budi Listyani menyampaikan rasa syukurnya atas terpilihnya Kabupaten Brebes ditunjuk menjadi bagian dalam Riskesdas tahun 2018 ini, karena nantinya, data yang dikumpulkan oleh petugas enumerator akan digunakan oleh Bappenas dalam menyusun RPJMN 2019-2024. Beliau juga menyampaikan bahwa tujuan secara khusus Riskesdas 2018 ini adalah untuk menilai perubahan indicator terkait derajat kesehatan, menilai perubahan indicator resiko, dan menilai perubahan indicator Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat baik tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota.

Enumerator bertugas mengumpulkan data bidang kesehatan yang dilibatkan dalam Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Riskesdas merupakan sebuah riset berskala nasional berbasis komunitas kesehatan Dasar dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, ujar beliau. Beberapa tugas Enumerator di lapangan adalah sebagai berikut mengikuti pelatihan sebelum pengumpulan data, melakukan wawancara kepada pasien/responden yang terpilih sesuai kriteria inklusi, mengelola dahak sesuai SOP, menyimpan dan mengirimkan dahak ke laboratorium rujukan melalui ekspedisi, dan melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes.

Sesuai dengan perencanaan kesehatan, bahwa tidak ada perkembangan tanpa perencanaan yang baik, tidak ada perencanaan yang baik tanpa data dan informasi, tidak ada data dan informasi tanpa penelitian. Oleh karena itu dibutuhkan persiapan yang matang dalam hal instrument atau alat ukur yang digunakan dalam rangka pengumpulan data. Untuk menunjang kualitas dan validitas data riskesdas, Balitbangkes merekrut tenaga pelatih, baik pelatih utama maupun pelatih nasional. Pelatih utama maupun pelatih pelatih nasional. Pelatih utama akan membantu tim teknis dalam melakukan transfer pengetahuan dan persepsi kuesioner hingga pada tingkat pengumpul data (enumerator).

Ibu Budi Listyani berharap kepada semua enumerator dapat menjalankan riset ini dengan baik, berkomitmen agar menghasilkan data yang dapat dipergunakan sesuai dengan tujuan Riskesdas. Sebagai penutup, beliau menambahkan agar semua enumerator dapat mengikuti pelatihan dengan baik, dan agar Riskesdas dapat berjalan dengan lancar sesuai yang direncanakan.