KAJI BANDING DINAS KESEHATAN KAB WONOGIRI KE DKK BREBES TAHUN 2018

Published  Friday,     20 April 2018       11:10 AM

Written by Admin

 

 

 

 

Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes menerima kunjungan kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri pada Jumat, tanggal 20 April 2018 di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes. Kunjungan Kerja DKK Wonogiri ke DKK Brebes dalam rangka kaji banding Penerapan PPK BLUD pada DKK Wonogiri. Melalui Seksi Sumber Daya Kesehatan dan Sistem Informasi DKK Brebes, tim dari DKK Wonogiri disambut oleh Kabid SDK SI Bapak drs. Moch. Agus Wakhid, M.Kes dan Kasie SDK SI Ibu Budi Listyani, SKM. Adapun kunjungan kerja yang dilaksanakan DKK Wonogiri bertepatan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes memperingati Hari Kartini Tahun 2018 dengan tema Semangat Kartini Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga Dalam Menguatkan Pendidikan Karakter Generasi Penerus Bangsa.

PPK BLUD adalah satuan kerja perangkat daerah atau unit kerja pada satuan kerja perangkat daerah di lingkungan pemerintah daerah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas. PPK BLUD sendiri merupakan Software Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) rancangan PT Syncore Indonesia. Perancangan rencana bisnis dan anggaran (RBA) dan penyusunan laporan keuangan berbasis SAK (Standar Akuntasi Keuangan) menggunakan aplikasi PPK BLUD ini. Aplikasi ini tentunya terdiri dari input data RBA, penerimaan dan pengeluaran. Kaji Banding DKK Wonongiri ke DKK Brebes ini dikarenakan seluruh puskesmas di Kabupaten Brebes termasuk dalam lingkup BLUD. Persyaratan sebagai BLUD telah terpenuhi oleh Puskesmas di Kabupaten Brebes, yaitu mulai dari kelengkapan dokumen, rencana strategis, standar pelayanan, tata kelola manajemen, dan dokumen keuangannya. Manajemen puskesmas di Kabupaten Brebes juga dilakukan mulai dari perencanaan, dan penilaian kinerja puskesmas.   

Dengan kunjungan kerja DKK Wonogiri ke DKK Brebes diharapkan Pola Pengelolaan Keuangan BLUD ini dapat diterapkan di DKK Wonogiri dengan harapan memberikan fleksibilitas berupa keluasan untuk menerapkan praktek-praktek bisnis sehat dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di Puskesmas masing-masing untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa baik di Kabupaten Wonogiri maupun di Kabupaten Brebes.

 

 

 

PERINGATAN HARI KARTINI KE 139 TAHUN 2018, DENGAN SEMANGAT KARTINI KITA TINGKATKAN KUALITAS KELUARGA DALAM MENGUATKAN PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI PENERUS BANGSA