PENGUATAN DATA SUMBER DAYA MANUSIA KESEHATAN KABUPATEN BREBES TAHUN 2018

Published  Friday,    20 July 2018     11:15 AM

Written by Admin

 

 

 

System Informasi SDM Kesehatan merupakan Serangkaian subsistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi baik di pusat maupun didaerah yang mampu menghasilkan informasi terkini dan akurat guna mendukung pengembangan SDMK. Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes melalui Seksi SDK dan SI mengadakan Pertemuan Penguatan Sumber Daya Kesehatan Kabupaten Brebes Tahun 2018. Nara Sumber adalah Ibu Tyas dan Ibu Heni dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, pertemuan diadakan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dan dihadiri oleh petugas pengelola Sumber Daya Manusia Kesehatan 38 Puskesmas dan 11 Rumah Sakit Umum dan Swasta yang ada di Kabupaten Brebes.

Dilakukan Penguatan SDM Kesehatan Kabupaten Brebes agar keadaan SDMK yang didayagunakan di Fasyankes berikut variable-variablenya dapat digunakan sebagai indicator pengembangan dan pemberdayaan SDMK yang ada di Kabupaten Brebes. Dalam sambutannya, Ibu dra. J. P. Dewi selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes menyampaikan bahwa masih belum sempurna dalam hal Data SDM Kesehatan Kabupaten Brebes, untuk itu, dilaksanakan penguatan SDM Kesehatan ini agar data yang terupdate dapat di monitoring dan di evaluasi tiap waktu. Aplikasi data SDM Kesehatan yang ada saat ini diharapkan memudahkan dalam entry data pegawai baik di Rumah Sakit, Puskesmas maupun Fasyankes yang lain. Dengan Aplikasi SDM tersebut, data dapat dilihat di Puskesmas, Rumah Sakit maupun Dinas, jelas beliau.

Aplikasi SDM Kesehatan ini sebagai Bank Data sehingga data SDM Kesehatan yang dientrykan adalah data yang valid, termasuk didalamnya persyaratan-persyaratan harus ada dilampiran data SDM Kesehatan sehingga data yang dihasilkan qualified, ungkap Ibu Dewi. Dengan Penguatan SDM Kesehatan Kabupatan ini, membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia itu sendiri. Memperoleh data yang selalu update, sebagai bahan dalam pembinaan dan pengawasan. Terlihat pemerataan tenaga kesehatan. Dengan data SDM Kesehatan yang valid dapat digunakan sebagai intervensi atau push pelayanan bidang kesehatan agar semakin baik. Pengelola SDM Kesehatan di kabupaten Brebes mengetahui bagaimana menata SDM Kesehatan di Kabupaten Brebes dengan baik dan benar.

Ibu Budi Listyani, SKM selaku Kasie SDK dan SI menyampaikan beberapa rencana tindak lanjut yang harus dilakukan Pengelola Data SDM kesehatan di Fasyankes, antara lain melapor pada atasan, melengkapi data yang belum terisi dengan mengirimkan softcopy file excek data SDMK ke email psdk.dinkesbrebeskab@gmail.com, selalu melakukan update data SDM kesehatan setiap bulan, kemudian mengirimkan hasil update data dalam bentul file excel softcopy setiap tanggal 5 pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Dengan pertemuan Penguatan SDM Kesehatan ini diharapkan data SDM Kesehatan yang ada di Kabupaten Brebes merupakan data yang valid, qualified dan tentunya update setiap waktu.