KEPANITERAAN KOMPREHENSIF KABUPATEN BREBES TAHUN 2018

Published   Monday,    23 July 2018     10:15 AM

Written by Admin

 

 

 

Sebanyak tiga puluh mahasiswa Fakultas Kedokteran UNDIP diterima Ibu Budi Listyani, SKM di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes pada hari Senin, 23 Juli 2018. Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNDIP tersebut dalam rangka melaksanakan kegiatan Kepaniteraan Komprehensif Tahun 2018 di RSUD Brebes dan Puskesmas di Kabupaten Brebes yang ditunjuk sebagai tempat atau wahana Pansif. Rencana kegiatan sendiri akan diselenggarakan mulai tanggal 23 Juli sampai 15 September 2018, dengan alokasi waktu 4 minggu di RSUD Brebes, dan 4 minggu di Puskesmas.

Proses pembelajaran tahap profesi dokter adalah proses pembelajaran dalam bentuk praktek klinik yang berbasis kompetensi di rumah sakit pendidikan atau instansi kesehatan lainnya. Pendidikan dokter tahap profesi melatih mahasiswa untuk kontak langsung dengan pasien dibawah bimbingan dosen klinis, untuk mempraktekan pengetahuan, keterampilan maupun sikap/perilaku yang pernah dipelajari pada tahap akademik secara terintegrasi. Dalam sambutannya, Ibu Budi Listyani selaku Kasi SDK SI memberikan bimbingan bahwa kegiatan praktek di rumah sakit dan instansi kesehatan atau fasyankes terkait meliputi kegiatan yang bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative dibawah bimbingan Staf pengajar/ dosen klinis / dokter spesialis yang berlangsung di rumah sakit pendidikan utama, dan fasilitas pelayanan kesehatan terkait.

Agar selalu diingat bahwa dalam proses pembelajaran kedokteran dalam tahap ini juga harus memperhatikan dan mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pasien, jelas Ibu Lies. Dengan kegiatan Kepaniteraan Komprehensif ini diharapkan mampu menghasilkan dokter layanan primer yang memiliki kemampuan sesuai dengan standar Kompetensi Dokter Indonesia, dan tentunya mampu menerapkan pendekatan dokter secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan melalui program promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitative dalam pelayanan kesehatan masyarakat, tambahnya.