PENYULUHAN KEAMANAN PANGAN BAGI INDUSTRI RUMAH TANGGA KABUPATEN BREBES 2018

Published   Thursday,  02 August 2018      09:00 AM

 

Written by Admin

 

 

 

 

Keamanan pangan merupakan syarat penting dalam industry rumah tangga. Keamanan pangan menyangkut kepedulian individu, karena dengan jaminan akan keamanan pangan adalah hak asasi konsumen. Pangan termasuk kebutuhan dasar terpenting dan sangat esensial dalam kehidupan manusia. Keamanan pangan selalu menjadi pertimbangan pokok dalam perdagangan nasional maupun internasional. Untuk itulah, Seksi Farmasi, Makanan Minuman dan Perbekalan Kesehatan mengadakan Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi Industri Rumah Tangga yang ada di Kabupaten Brebes. Penyuluhan diadakan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dengan peserta beberapa pelaku Industri Rumah Tangga yang ada di wilayah Brebes. Bapak Hadi Topo selaku Kasie Farmasi menjelaskan bahwa diperlukan peningkatan kesadaran global dalam hal keamanan pangan. Keamanan Pangan sangat penting karena dengan produk makanan yang aman dikonsumsi tentunya akan baik dalam membentuk sel-sel baru selama masa pertumbuhan. Dapat memelihara keseimbangan kimia yang benar dalam cairan tubuh, tanpa menimbulkan adanya reaksi kompleks yang terjadi didalamnya. dengan komponen makanan yang aman tentunya dapat membentuk enzim, antibody dan hormon yang sangat penting bagi semua fungsi tubuh.

Penyuluhan Keamanan Pangan bagi Industri Rumah Tangga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang bahan pangan, apa saja resiko bahaya dari bahan pangan dari jenis dan tempat diperolehnya pada pelaku Industri Rumah Tangga di Brebes. Penggolongan bahan pangan berdasarkan kecepatan kerusakan antara lain bahan pangan mudah rusak (resiko tinggi) seperti daging, susu, telor, ikan, bahan pangan yang agak mudah rusak (resiko sedang) seperti sayuran dan buah-buahan, serta bahan pangan yang tidak mudah rusak (resiko rendah) seperti biji-bijian dan kacang-kacangan kering. Sedangkan bahan pangan yang mudah rusak biasanya mengandung protein tinggi, memiliki kadar air tinggi, dan PH tinggi. 

Pelaku Industri Rumah Tangga harus memahami betul bahwa kebutuhan pokok manusia yang diperlukan setiap saat harus ditangani dengan baik dan benar agar bermanfaat, sesuai dengan prinsip pengetahuan, sikap dan perilaku manusia dalam menaati azas kesehatan, kebersihan, dan keamanan dalam menangani makanan. Proses pengolahan makanan mulai dari penerimaan bahan mentah, pencucian, peracikan, pemasakan, pengangkutan dan penyajian harus benar-benar diperhatikan keamanannya. Semoga semua pelaku Industri Rumah Tangga yang ada di Kabupaten Brebes dapat memahami dan melakukan proses produksi makanan dengan benar agar aman. Dengan pengolahan yang benar produk makanan yang dihasilkan menjadi makanan yang sehat, bersih, aman bermanfaat dan tahan lama.