Sosialisasi Perubahan Tabel PROFIL KESEHATAN TAHUN 2019

Published   Wednesday,      27 February 2019       08:30 AM

 

Written by Admin

 

 

 

Seksi Sumber Daya Kesehatan dan Sistem Informasi Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes mengadakan Pertemuan terkait Sosialisasi Tabel Penyusunan Profil Kesehatan Tahun 2019 yang dilaksanakan di Aula Koperasi Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes. Dalam pertemuan hadir petugas SP3 38 Puskesmas se Kabupaten Brebes. Pertemuan dibuka oleh Bapak Drs. Moch. Agus Wakhid M.Kes selaku Kabid SDK SI. Dalam sambutan beliau menyampaikan agar Petugas Penyusun Profil Kesehatan dapat bekerja dengan lebih baik lagi, artinya penyusunan profil kesehatan tahun 2019 akan ada beberapa tabel perubahan, mohon dicermati, dipelajari dengan baik, dan diimplementasikan sesuai dengan ketentuan profil kesehatan yang baru. Ibu Lies, selaku Kasie SDK SI menjelaskan bahwa jadwal penyusunan profil tahun 2019 dimulai dari bulan Januari dengan kegiatan Pengumpulan data dari programmer DKK, Puskesmas, Instansi terkait (BPS, BKKBN), bulan Februari melakukan pengumpulan data dari programmer DKK, Puskesmas, Instansi terkait (BPS, BKKBN), kompilasi dan entri data, bulan Maret melakukan kompilasi, entri dan validasi data, pengolahan, analisa dan penulisan draft narasi. Di bulan April pengolahan, analisa dan penulisan draft narasi, bulan Mei diharapkan sudah dilakukan finalisasi dan pencetakan, dan bulan Juni adalah pendistribusian profil kesehatan.

Ibu Lies, menjelaskan pula terkait tujuan Sosialisasi Perubahan Tabel Profil Kesehatan Tahun 2019 yaitu sebagai acuan bagi Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Puskesmas untuk menyusun profil kesehatan. Beliau menjelaskan beberapa materi perubahan sistematika penyajian, yaitu BLOOM terdiri dari pendahuluan, gambaran umum, derajat kesehatan, upaya kesehatan, sumber daya kesehatan, dan kesimpulan. Sedangkan Input Proses Output meliputi demografi, sarana kesehatan, SDM kesehatan, pembiayaan kesehatan, kesehatan keluarga, pengendalian penyakit, kesehatan lingkungan. Sumber data yang diperoleh antara lain dari Puskesmas, RS, Klinik dan Praktek Pribadi, Hasil Survei, Kantor Statistik, dan dari data sumber lain.

Petugas yang hadir diharapkan dalam mengumpulkan data, dapat menganalisa data yang akan mereka entri di profil kesehatan. Analisa data dapat berupa deskriptif (seperti maksimum, minimum, range rata-rata), komparatif (meliputi wilayah, waktu, kelompok umur, jenis kelamin), kecenderungan (dapat dilakukan dengan membandingkan data pada periode tertentu), dan keterhubungan yaitu hubungan/keterkaitan antara variable, scatter diagram, garis linier, dan R2. Penyajian Informasi dapat dilakukan dengan Gambar, Tabel dan Naratif, yang di letakkan di bagian lampiran, dan definisi operasional formula.

Berikut perubahan daftar tabel baru pada profil kesehatan tahun 2019 antara lain tabel profil kesehatan tahun 2019 terdiri dari 77 tabel, perubahan susunan urutan tabel bila dibandingkan antara profil 2018 dan profil kesehatan tahun 2019, tabel yang mengalami perubahan ada pada tabel 9, 10, 23, 70, 72, 73, dan 74, serta tabel baru pada profil kesehatan tahun 2019 ada 11 tabel antara lain 18, 22, 32, 44, 45, 48, 50, 55, 56, 67 dan 71, jelasnya. Bu Lis juga menghimbau kepada seluruh peserta rapat agar mempelajari dengan baik, memperhatikan apa saja perubahan tabel baru pada profil kesehatan tahun 2019, dan tentunya menjaga kualitas data, yaitu data yang valid dan reliable, karena dengan data yang valid dan reliable tersebut dapat menjadi acuan Pemerintah Kabupaten Brebes dalam menyusun kebijakan utamanya program kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Brebes.