Persiapan Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan Kabupaten Brebes Tahun 2019

Published  Monday,  01 July 2019  03:40 PM

 

Written by Admin

 

 

 

Para peserta Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan diharuskan memiliki komitmen sendiri, tidak ketinggalan informasi serta memiliki ketrampilan dalam melaksanakan peran dan fungsi perawat, ungkap Bapak Edy Pujiharto, SH, M.Kes selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dalam Pertemuan Persiapan Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan Tahun 2019 yang diadakan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes. Setidaknya 60 peserta mengikuti Pertemuan Persiapan Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan. Ibu Budi Listyani, SKM selaku Kasie Sumber Daya Kesehatan dan Seksi Informasi yang mengadakan Uji Kompetensi ini berharap agar tiap individu secara serius dan terampil dalam menyusun dokumen untuk uji kompetensi.

Bapak Edy Pujiharto juga menjelaskan dalam uji kompetensi ini peserta akan membedah penilaian atau butir-butir yang harus dimiliki sesuai jabatan fungsional, prinsipnya 80% terkait dengan asuhan keperawatan dan 20% adalah data lain yang mendukung. Bapak Prawoto sebagai salah satu Tim Penguji dari Puskesmas Sitanggal juga menjabarkan apa-apa saja yang perlu disiapkan peserta dalam pelaksanaan uji kompetensi jabatan fungsional kesehatan. Butir kegiatan atau elemen yang ada dalam dokumen penyusunan jabatan fungsional keperawatan menunjukkan kegiatan yang sudah dilakukan. Tulis menulis adalah salah satu kegiatan yang akan sangat membantu perawat utamanya menyimpan kegiatan asuhan keperawatan yang tentunya banyak sekali yang sudah dilakukan.

Harapan dari Bapak Edy Pujiharto bahwa para peserta dalam persiapan UjiKom ini akan lebih memahami tentang persiapan yang akan dijelaskan lebih lanjut oleh nara sumber, sehingga para peserta akan lulus sesuai kriteria yang diharapkan, dan para peserta Ukom agar bisa naik jenjang. Bagaimanapun kenaikan jabfung adalah sesuai dengan fungsionalitas dan Kepada Tim Penguji agar tidak saklek dan berdasarkan objektivitas. Ilmu pengetahuan yang akan disampaikan tim penguji pada pertemuan ini diharapkan menjadi pedoman bagi peserta untuk mengikuti uji kompetensi dengan baik, tentunya mendapat nilai yang baik dan lulus dalam uji kompetensi jabatan fungsional, tambah Bu Lis.