REVIEW SIMPUS DAN PCARE PETUGAS PENGELOLA DATA PUSKESMAS SE KABUPATEN BREBES 2019

Published  Thursday,   28 November 2019    10:00 AM

Written by Admin

 

 

 

 

Seksi Sumber Daya Kesehatan dan Sistem Informasi mengadakan pertemuan terkait pelaporan Simpus dan Pcare Puskesmas yang ada di Kabupaten Brebes. Sistem Informasi Puskesmas atau yang biasa disebut SIMPUS ini merupakan aplikasi dibidang kesehatan yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Brebes untuk pelayanan puskesmas yang ada di Kabupaten Brebes. Melalui aplikasi simpus, Puskesmas di Kabupaten Brebes dapat diketahui rekam medis pasien dimanapun dan kapanpun.

Pertemuan kali ini, Ibu Budi Listyani, SKM selaku Kasie SDK SI menghimbau kepada seluruh petugas SP3 yang hadir agar dapat berkomitmen dalam menjalankan aplikasi Simpus ini, dan bridgingkan dengan Pcare agar pelaporan data dapat terlihat. Puskesmas Losari dalam hal ini merupakan Puskesmas yang sudah melaksanakan keterisian data di aplikasi Simpus dan Pcare.

Petugas SP3 dari Puskesmas Losari yaitu Bapak Rudiyanto, Amd menjadi nara sumber dalam pertemuan ini, dimaksudkan supaya petugas SP3 atau pengelola aplikasi di Puskesmas dapat memperoleh tips dan trik bagaimana menjalankan aplikasi simpus dan brigding dengan Pcare di Puskesmasnya.

“Di Puskesmas Losari, pelaksanaan Simpus sudah berjalan, bridging untuk konseling, kunjungan rumah, evaluasi kaji banding serta untuk bridging konseling Pustu dengan lancar”, jelasnya.

“Implementasi Simpus dan Pcare di Puskesmas berprinsip pada P-D-C-A, yaitu Plan Do Action. Kepala Puskesmas harus memahami program yang ingin dicapainya sehingga dapat menyusun rencana apa saja yang dibutuhkan untuk ketercapaian pelaksanaan Simpus dan Pcare. Jangan lupa bahwa tim pengelola data, tim Pembina wilayah harus saling berintegrasi, melakukan pencatatan dan pelaporan sesuai dengan yang dilaksanakan. Seluruh karyawan harus sepakat, bersama, dalam upaya pelaksanaan Simpus dan Pcare, yaitu komitmen bersama. Seluruh karyawan sepakat untuk berkomitmen bersama, melaksanakan peraturan internal, bertanggung jawab melaksanakan Simpus – Pcare dan diakhir 3 minggu, saya, sebagai penanggung jawab akan meminta seluruh karyawan untuk melaporkan Simpus dan Pcare nya”, jelas Bapak Rudi.

Dukungan dari Kepala Puskesmas untuk memonitor dan melakukan pembinaan serta evaluasi terhadap proses pelaksanaan pelaporan Simpus – Pcare akan sangat dibutuhkan, terlebih apabila tidak memenuhi target, maka Kapus akan memanggil yang bersangkutan tentang laporan yang tidak memenuhi target, tentang apakah ada kendala yang dihadapi dalam implementasi Simpus – Pcare. Di Puskesmas Losari, Kepala Puskesmas, Tim Medis sampai office boy dapat mengoperasikan Simpus dan Pcare, Beliau juga memberikan Reward dan Punishment bagi seluruh karyawan terkait pelaksanaan pelaporan Simpus – Pcare. Saya juga menghimbau kepada seluruh karyawan agar melakukan pencatatan di buku bantu untuk selanjutnya diinputkan di Simpus dan Pcare di desa binaan.