Persiapan Percepatan Penerapan Rekam Medis Elektronik di Puskesmas se Kab Brebes 2022

Published    Wednesday,    December 14th  2022   11:30 AM

 

Written by Admin

 

 

 

 

 

 

Tim pengembang system sudah melakukan pelatihan di semarang terkait dengan bridging simpus untuk puskesmas. Data puskesmas yang diinput dalam simpus kedepan bisa dijadikan kebijakan bagi Pemerintah yang ada di Kabupaten Brebes dalam meningkatkan pelayanan kesehatan. Mengupdate simpus mulai dari sekarang akan mengurangi permasalahan seperti server down ataupun masalah koneksi lain.

Permenkes dalam menyusun tahapan rekam medis elektronik, dimulai dengan update rekam medis melalui simpus yang ada di Fasilitas Kesehatan, kemudian nantinya tarikan data akan dilakukan oleh pusat, dengan demikian pusat akan mengetahui derajat kesehatan Kabupaten Brebes melalui simpus.

Diperlukan komitmen untuk melaksanakan update simpus, baik petugas ataupun Kepala Puskesmas serta tenaga kesehatan yang ada didalamnya.  Terupdate nya simpus akan menjadi salah satu penilaian BLUD per Puskesmas saat akreditasi. Penilaian terhadap dokumen administrasi Puskesmas pada saat akreditasi sebaiknya dilakukan bertahap mulai dari sekarang, dengan salah satunya mengupdate simpus agar Rekam medis yang terupdate melalui simpus lancar dan tidak terjadi kendala apabila saatnya nanti dibutuhkan, jelas Ibu Lis.