PERTEMUAN PENGELOLA ASPAK PUSKESMAS SE-KABUPATEN BREBES 2023

Published    TUESDAY,   JUNE  6th  2023     08:15 AM

 

Written  by Admin

 

 

 

 

 

 

 

Sarana, prasarana dan alat kesehatan menjadi komponen utama dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, sehingga menjadi focus perhatian Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes agar meningkatkan inventarisasi terhadap sarana, prasarana dan peralatan kesehatan yang ada.

Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes melalui Seksi Farmamin dan Perbekalan Kesehatan menggelar pertemuan Aplikasi Sarana Prasana dan Alat Kesehatan di Aula Gedung IDI Brebes pada Selasa (6/6/2023).

Kegiatan dibuka oleh SubKoord Farmamin Bapak Haditopo, S.Si, Apt. Beliau menyampaikan kepada seluruh peserta hadir dari 38 Puskesmas se Kabupaten Brebes diantaranya tentang pemetaan data sarana, prasana, dan peralatan kesehatan. “pendataan sarana, prasarana dan alat kesehatan di Puskesmas sebagai bahan dasar untuk kebijakan pengambilan keputusan. Disamping itu untuk meningkatkan kapabilitas petugas pengelola dalam melakukan pengelolaan dan pemeliharaan peralatan kesehatan”, jelas Bapak Haditopo.

Bagian penting dalam menyikapi derasnya arus perkembangan teknologi informasi yang berdampak pada perubahan system tata Kelola pemerintahan. Sehingga penyediaan data dan informasi menjadi hal yang sangat krusial dan strategis, tambahnya.

“Untuk meningkatkan system surveilan, monitoring dan informasi kesehatan yang evidence based dan dapat dijangkau seluruh Indonesia, maka diperlukan system dan infrastruktur informasi yang handal”, tegasnya.

ASPAK merupakan system informasi aplikasi web based yang berisi tentang sarana, prasarana, dan peralatan kesehatan, pengelola dapat menyimpan data sarpras dan alkes secara langsung di server, sehingga akan memudahkan dan efisiensi waktu dalam pengelolaan data sarpras dan alkes di Puskesmas.