Pertemuan Multipihak Bersama USAID dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak Kabupaten Brebes Tahun 2019

Published  Thursday,   28 March 2019        10:00 AM

Written by Admin

 

 

 

 

Ketua Jalin Provinsi Jawa Tengah menjelaskan bahwa lima tahun yang lalu USAID ada program yang dinamakan Kemas di bidang KIA dan sekarang program USAID yaitu Jalin dimana program Jalin juga berfokus pada KIA, fakta kematian ibu, bayi dan balita, wilayah kerja, strategi dan pemangku kebajikan, mendukung prioritas nasional. Beliau berharap masalah-masalah terkait kesehatan ibu dan anak dapat segera terselesaikan. Bapak dr. Sartono, M.M selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes mengajak kepada seluruh peserta pertemuan untuk “kerja bareng”, solidaritas semua pihak dalam upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak, karena USAID sebagai pihak asing saja peduli terhadap kesehatan ibu dan anak yang ada di Indonesia, termasuknya di Kabupaten Brebes, untuk itu Bapak Sartono mengajak semua pihak, SKPD terkait, Organisasi Profesi, Organisasi Swadaya Masyarakat, Lintas Sector, untuk bekerja bersama dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak yang ada di Kabupaten Brebes.

Pemerintah Kabupaten Brebes, dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes bekerja sama dengan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) untuk temukan solusi dalam mengurangi kematian ibu dan bayi baru lahir. Salah satu nya yang akan dilakukan di Jawa Tengah dimana Kabupaten Brebes masih tinggi angka kematian ibu dan bayi baru lahir. Program dilakukan melalui pendekatan baru dan sistematis yang terwujud dalam Multi Stakeholder Advisory Body (MAB) JALIN dengan perwakilan dari Pemerintah Indonesia, penyedia layanan kesehatan swasta, dunia usaha, perusahaan investasi swasta dan penasihat kesehatan.

Dalam pelaksanaannya program JALIN dilakukan dengan mengumpulkan, menganalisis, dan menyebarluaskan data-data mengenai faktor-faktor penentu kematian Ibu dan bayi baru lahir. Selain itu dilakukan juga menguji solusi-solusi local yang telah diidentifikasi di Provinsi Jawa Tengah khususnya Kabupaten Brebes. Ketua Jalin Provinsi Jawa Tengah menegaskan bahwa kita perlu meningkatkan system ini secara keseluruhan dengan melibatkan stakeholder, bersama, kita perlu mengatasi permasalahan dari awal sampai akhir. Kita semua mengetahui masih ada yang perlu ditingkatkan dari system rujukan, fasilitas kesehatan. kita perlu pendekatan secara menyeluruh yang bisa mengatasi permasalahan ini sebagai system dan mengatasinya dari perkotaan sampai perdesaan.