Pelatihan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015

Published  Thursday,     02 May 2019        02:30 PM

Written by Admin

 

 

 

 

Bapak dan Ibu Pejabat Struktural dan programmer se Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, mengikuti Pertemuan Pelatihan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015 yang diadakan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes. Keseluruhan gambaran dan karakteristik suatu produk atau jasa yang berkaitan dengan kemampuan untuk memenuhi atau memuaskan kebutuhan-kebutuhan yang dinyatakan secara langsung atau tersurat maupun secara tidak langsung atau yang tersirat. Nara sumber pelatihan adalah Bapak Rabindra dari PT Cakra Manunggal Pratama Management Consulting and Information Technology Solution. Beliau menjelaskan tentang pemahaman informasi ISO 9001 : 2015. ISO 9001 : 2015 merupakan suatu paduan untuk menjalankan system Manajemen Mutu pada suatu organisasi. Konsep ini dikembangkan sejak tahun 1987 di Eropa guna menyamakan system kinerja di Eropa,dan kini berpusat di Geneva Swiss dengan Organisasi bernama Internasional Standarization  Organization. Prinsip dalam manajemen mutu antara lain :

-          Focus pada pelanggan

-          Kepemimpinan

-          Pelibatan orang

-          Pendekatan proses

-          Peningkatan

-          Pengambilan keputusan berdasarkan bukti

-          Pengelolaan hubungan

Nara sumber mengimbau kepada peserta pertemuan, peserta memahami system mutu dan persyaratan-persyaratan system manajemen Mutu ISO 9001 : 2015, peserta mampu membangun dokumentasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015, dan peserta mampu melakukan audit mutu ISI 9001 : 2015. Konsep mutu sendiri terdiri dari Tujuh P (7P) yaitu Produk, Pelanggan, Persyaratan Mutu, Pesaing, Pemasok, Proses, dan Pengendalian. Dalam manajemen Mutu memahami pelanggan sangat penting untuk proses manajemen dan proses perbaikan yang pada akhirnya untuk kepuasan pelanggan, tambahnya. Diharapkan setelah peserta memahami arti Mutu bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, peserta mampu memahami pendekatan proses sesuai persyaratan ISO 9001 : 2015, sehingga dalam suatu rangkaian kegiatan, proses berikutnya adalah pelanggan langsung kita, kepuasan pelanggan akhir akan dapat dicapai bila setiap orang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan di proses berikutnya, jelasnya.