HARI MENOPAUSE DUNIA 2019

Published  Friday,    18 October 2019        09:30 AM

 

Written by Admin

 

 

 

 

Menopause ? haid atau menstruasi terakhir pada wanita akibat hilangnya aktivitas folikular ovarium, yang sering diartikan berakhirnya fungsi reproduksi wanita.

!           Hari Menopause Dunia diperingati sebagai bukti bahwa menopause telah menjadi perhatian internasional yang ditetapkan 18 Oktober oleh WHO (World Health Organization)

!           Usia menopause diberbagai belahan dunia belakangan semakin cepat, tak sedikit wanita yang mengaku takut menghadapi saat-saat menopause. Padahal menopause adalah kondisi normal yang akan dialami semua wanita sejalan dengan bertambahnya usia, dan bukan suatu penyakit apalagi gangguan medis.

!           Secara normal wanita akan mengalami menopause pada usia 41 sampai 55 tahun, namun terdapat factor lain yang mengganggu siklus normal system reproduksi wanita yang dapat menyebabkan menopause dini. Beberapa factor tersebut yaitu Operasi, Kemoterapi dan Radiasi, Cacat Kromosom, Penyakit Auto Imun, Epilepsi, Merokok, Obat-obatan yang mengurangi estrogen serta penyakit tiroid.