RAPAT KOORDINASI KESEHATAN IBU DAN ANAK TINGKAT KABUPATEN BREBES TAHUN 2023

PUBLISHED  TUESDAY,    FEBRUARY  7th  2023    10:00 AM

 

Written by Admin

 

 

 

 

 

Pj Bupati Kabupaten Brebes Urip Sihabudin, SH, MH, hadir di Aula Kantor Pemerintahan Terpadu Kabupaten Brebes pada Senin, 6 Februari 2023 dalam rangka Pertemuan Rakor Kesehatan Ibu dan Anak Kabupaten Brebes Tahun 2023. Hadir pula dalam pertemuan Sekda Brebes, Assisten I Sekda Brebes, Kepala Dinkes Kab Brebes, Sekretaris, serta Bapak dan Ibu Pejabat Struktural Dinkes Kab Brebes, Dirut RSUD Se-Kabupaten Brebes, Camat se Kabupaten Brebes.

Ineke Tri Sulistyowati, SKM, M.Kes, selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes menyampaikan dalam paparannya banyak yang harus diperbaiki, semua pihak atau lini memiliki andil yang sama. Adanya keterlambatan baik di masyarakat, maupun di Faskes tingkat kedua menjadi faktor yang menentukan dalam membantu menurunkan kematian Ibu dan Bayi utamanya saat proses persalinan dan masa nifas.

Pencapaian target penurunan Kematian Ibu dan bayi baru lahir harus tetap dilaksanakan, ungkap Ibu Ineke. Beliau juga menyampaikan semua pihak bertanggung jawab, Bapak dan Ibu Kepala Desa, Kader-kader posyandu di masyarakat, ulama serta tokoh masyarakat juga diharapkan ikut serta aktif dalam membantu pelayanan kesehatan KIA di daerah nya masing-masing.

Diharapkan penekanan pengurangan AKI dan AKB di wilayah masing-masing akan berjalan dengan baik, hasil analisa dan evaluasi rakor KIA ini harus terealisasi secara teknis di lapangan secara jelas dan terperinci agar dapat dievaluasi bagaimana tindak lanjut setelah RAKOR ini, himbau Ibu Ineke.