BREBES MASUK VERIFIKASI KABUPATEN KOTA SEHAT NASIONAL TAHUN 2023

Published    Wednesday,   AUGUST  2nd   2023    08:00 AM

 

Written  by Admin

 

 

 

 

 

 

Bersama dengan Kabupaten lain se – Indonesia, Kabupaten Brebes terverifikasi sebagai Kabupaten Kota Sehat tingkat Nasional tahun 2023, verifikasi lapangan kali ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, pada selasa (1/8/2023) di Ruang Rapat Bupati.

 

Hadir dalam kegiatan ini PJ Bupati Brebes, Urip Sibahudin, SH, MH, Kepala Bapperlitbang, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Ketua Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Brebes, bersama leading sektor terkait.

 

Sebagai entry point, mewujudkan Kabupaten Brebes Sehat, dimulai tahun 2021 – 2022, menetapkan Sembilan tatanan Kabupaten Sehat diantaranya Kehidupan Masyarakat sehat dan mandiri, Permukiman dan Fasilitas Peribadatan, Pasar Rakyat, Satuan Pendidikan, Pariwisata, Transportasi dan Lalu lintas, Perkantoran dan Industri, Perlindungan Sosial serta Pencegahan dan Penanganan Bencana. Kesembilan tatanan tersebut dikupas secara detail oleh tim verifikator dari Kementerian Kesehatan RI, Kemendagri RI, Kementerian PUPR, Kementerian Lingkungan Hidup dan BAPPENAS serta sektor lain.

 

PJ Bupati menyampaikan hal ini bisa dijadikan motivasi dan semangat mewujudkan Kabupaten Brebes menjadi Kabupaten Kota Sehat secara paripurna. ‘Menjadi penyemangat kita dan inshaa Allah tahun depan dapat mencukupi terkait standar yang menjadi catatan serta evaluasi’, ungkapnya.

 

Belum adanya sertifikasi administrasi berkas pendukung seperti surat keputusan (SK) Kepala Daerah, dan Peraturan Daerah (Perda) merupakan catatan dan evaluasi dari verifikator, dan kedepan hal tersebut menjadi bagian yang harus dipenuhi oleh Kabupaten, jelas PJ Bupati.

 

PJ Bupati juga menambahkan agar meningkatkan dalam penambahan tatanan seperti Kawasan pariwisata yang melibatkan peran serta masyarakat, perlunya sosialisasi kesehatan secara massive kepada masyarakat. Dengan partisipasi masyarakat, jauh lebih baik dalam mewujudkan Kabupaten Sehat.