PELATIHAN COMMUNITY FEEDING CENTER BAGI TENAGA KESEHATAN KABUPATEN BREBES TAHUN 2017

Written by meilansari

Published   Monday,   28 August 2017   10:10 AM

Written by Admin

 

 

 

Kurang Energy Protein (KEP) pada anak menjadi masalah gizi dan kesehatan di Indonesia karena berpengaruh pada tingginya Angka Kematian Bayi, karena Kematian Bayi terkait dengan gizi kurang dan gizi buruk sehingga perlu ditangani secara cepat dan tepat. Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan Bab VIII Pasal 144 menjelaskan bahwa upaya perbaikan gizi bertujuan untuk meningkatkan mutu gizi perseorangan dan masyarakat antara lain melalui perbaikan soal konsumsi makanan, perbaikan perilaku sadar gizi, dan peningkatan akses dan mutu pelayanan gizi dan kesehatan sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi.

Dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2010-2014 menetapkan 4 sasaran pembangunan kesehatan yaitu meningkatkan umur harapan hidup menjadi 72 tahun, menurunkan angka kematian bayi menjadi 42 per 1000 kelahiran hidup, menurunkan angka kematian ibu menjadi 118 per 100ribu kelahiran hidup dan menurunkan prevalensi gizi kurang menjadi 15% dan balita pendek menjadi 32%.

Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dalam rangka meningkatkan kesehatn gizi bagi warga Kabupaten Brebes melalui Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi mengadakan pelatihan CFC (Community Feeding Center) yang bertujuan untuk menanggulangi masalah kesehatan gizi yang terdapat di Kabupaten Brebes, dengan menjadikan tata laksana gizi buruk sebagai upaya menangani kasus yang ditemukan, baik gizi kurang maupun gizi buruk. Seiring perkembangan ilmu dan teknologi tatalaksana gizi buruk menunjukkan kasus ini dapat ditangani dengan 2 pendekatan yaitu gizi buruk dengan komplikasi dan gizi buruk tanpa komplikasi dengan rawat jalan dan rawat inap. Pelatihan CFC yang diadakan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes diikuti sejumlah 76 peserta, terdiri dari petugas gizi dan kader posyandu lokasi pembentukan CFC mengikuti pelatihan ini. Dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 27 s.d 29 Juli 2017, beberapa materi yang dipaparkan antara lain Kebijakan Penanganan Gizi Buruk, Informasi tentang Gizi Buruk, Makanan Gizi Buruk, 4 Langkah dan 5 Kondisi, CFC (Community Feeding Center) dan TFC (Terapetik Feding Center).

Kepala Bidang Kesmas DKK Brebes, Kepala Seksi Kesga Gizi DKK Brebes, Kepala Puskesmas Losari, Pelaksana Gizi Puskesmas Losari, Pelaksana Gizi Puskesmas Larangan, Dokter Puskesmas Brebes, dan Bidan Desa Kamal Puskesmas Larangan menjadi Nara Sumber yang memaparkan materi dalam pelatihan ini. Selain pemaparan materi, dilakukan juga tanya jawab, diskusi dan praktik. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan CFC ini bagi tenaga kesehatan dan kader dapat meningkat lagi pengetahuan tentang Kesehatan Gizi dan juga lebih terampil lagi dalam menangani kasus gizi buruk di tingkat rumah tangga, Generasi penerus bangsa, anak-anak di Kabupaten Brebes perlu mendapatkan gizi baik, sehat dan seimbang bagi perkembangan dan pertumbuhan mereka agar siap menghadapi masa depan yang penuh persaingan.