KONFERENSI NASIONAL PROMOSI KESEHATAN KE-7 TAHUN 2017

Published   Tuesday,  19 September 2017    15:06 PM

Written by Admin

 

 

 

Arah pembangunan kesehatan tertuju pada peningkatan promosi kesehatan yang sesuai dengan Permenkes No. 74 tahun 2015 adalah proses untuk memberdayakan masyarakat melalui kegiatan menginformasikan, mempengaruhi dan membantu masyarakat agar berperan aktif untuk mendukung perubahan perilaku dan lingkungan serta menjaga dan meningkatkan kesehatan menuju derajat kesehatan yang optimal. Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes yang diwakili oleh Kabid Kesmas dr. Rudi P. Utami, M.Kes, Heri Handoko, SKM, dan Nur Akhmad Tasmadi menghadiri Konferensi Nasional Promosi Kesehatan ketujuh yang diadakan di Jakarta, tanggal 12 - 17 September 2017.

Konferensi Nasional Promosi Kesehatan telah dilaksanakan 6 kali dan dapat menjadi ajang untuk menyusun pentingnya kontribusi promosi kesehatan dalam pembangunan kesehatan nasional. Pada tahun 2016 telah dilaksanakan Konferensi Global Promosi Kesehatan ke-9 di Shanghai dan menghasilkan deklarasi Shanghai dimana Indonesia turut berkomitmen untuk menegaskan "Kesehatan Untuk Semua" berdasarkan hubungan antara kesehatan dengan generasi selanjutnya dan kesehatan dunia. Menyadari Kesehatan sebagai Nilai Universal sebagai bagian dari tujuan sosial dan politik dari semua negara sehingga tidak ada yang tertinggal. Pemerintah dan masyarakat perlu menyikapi percepatan pencapaian SDG's. Sektor kesehatan dalam SDG's yaitu gizi masyarakat, sistem kesehatan nasional, akses kesehatan, reproduksi, KB, sanitasi dan air bersih, serta mengakhiri segala bentuk kemiskinan dimanapun dalam kaitannya dengan JKN.

Dengan tema "Promosi Kesehatan Dalam Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan" sesuai dengan pentingnya kontribusi promosi kesehatan dalam mencapai MDG's. Selama konferensi berlangsung diadakan Pameran untuk mempromosikan program unggulan dan inovasi dalam mendukung pembangunan kesehatan dan promosi kesehatan. Peserta pameran adalah perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi, Lintas Sektor Kemenkes RI, Sektor Dunia Usaha yang telah MoU dengan Kemenkes, sponsor dan Lembaga Akademi Promosi Kesehatan. Sekitar 1000 orang menghadiri Konferensi Nasional Promosi Kesehatan ketujuh tahun 2017 yang terdiri dari Kementrian/Lembaga, Pemerintah Daerah/Dinas Kesehatan/RS, Institusi Pendidikan, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Profesi, Dunia Usaha, dan Mahasiswa. Semoga masyarakat Indonesia dapat mendukung dan berperan aktif dalam perubahan perilaku, menjaga lingkungan, dan meningkatkan kesehatan demi tercapainya derajat kesehatan yang optimal.