PERTEMUAN ORIENTASI KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA KABUPATEN BREBES TAHUN 2018

Published   Wednesday,   18 April 2018       10:30 AM

Written by Admin

 

 

 

 

Seksi Promkes, Pemberdayaan Masyarakat dan Kesehatan Lingkungan DKK Brebes melaksanakan Pertemuan Orientasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Diadakan di Aula Koperasi Bina Husada DKK Brebes, dan dihadiri oleh petugas keselamatan kerja puskesmas se Kabupaten Brebes. Dalam pertemuan hadir Bapak Dr. Muhtar, SKM. M,Kes, selaku Kasi Promkes, Pemberdayaan Masyarakat dan Kesling. Beliau menjelaskan kegiatan orientasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta terkait upaya kesehatan dan keselamatan kerja di 38 puskesmas Kabupaten Brebes, untuk membangun komitmen peserta dalam pelaksanaan upaya kesehatan dan keselamatan kerja di puskesmas serta dapat melakukan pencatatan dan pelaporan.

Materi yang disampaikan dalam pertemuan adalah Standar kesehatan dan keselamatan kerja di Puskesmas mencakup prinsip, kebijakan pelaksanaan dan program kesehatan dan Keselamatan kerja di Puskesmas, Standar pelayanan K3 di Puskesmas, standar sarana, prasarana dan peralatan K3 di puskesmas, pengelolaan jasa dan barang berbahaya, termasuk standar sumber daya manusia K3 di Puskesmas, pembinaan, pengawasan, pencatatan dan pelaporan. Semakin luas pelayanan kesehatan dan fungsi Puskesmas maka akan semakin kompleks peralatan dan bahan yang dibutuhkan. Hal-hal tersebut menyebabkan Puskesmas mempunyai potensi bahaya yang sangat besar, tidak hanya bagi pasien dan tenaga medis tetapi pengunjung Puskesmas, ujarnya. 

Potensi bahaya di Puskesmas, selain penyakit akibat kerja, juga ada potensi bahaya lain yang mempengaruhi situasi dan kondisi di Puskesmas yaitu kecelakaan akibat kerja, kecelakaan yang berhubungan dengan instalasi listrik dan sumber cidera lainnya, radiasi, bahan-bahan kimia berbahaya, gas-gas anestesi, psikososial, dan ergonomic. “Oleh karena itu, sudah seharusnya Puskesmas menerapkan program Kesehatan dan Keselamatan Kerja,” jelas Dr. Muhtar. Puskesmas menjadi patien and Provider Safety sehingga mampu melindungi pasien, pengunjung, pekerja dan masyarakat sekitar Puskesmas dari berbagai potensi bahaya yang ditimbulkan.

Pertemuan Orientasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja ini diadakan agar para petugas keselamatan kerja di Puskesmas Kabupaten Brebes dapat menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat dan produktif untuk pekerja, aman dan sehat untuk pasien, pengunjung, masyarakat dan lingkungan sekitar Puskesmas, sehingga proses pelayanan di Puskesmas berjalan baik dan lancar.