PERTEMUAN PERSIAPAN PEMBENTUKAN DAN PENGEMBANGAN KELAS IBU DAN BALITA KABUPATEN BREBES TAHUN 2018

Published    Thursday,    26 April 2018       03:20 PM

Written by Admin

 

 

 

Untuk memenuhi kebutuhan akan peningkatan pengetahuan dan perilaku ibu dan keluarga akan perawatan anak usia 0-5 tahun, Seksi Kesehatan Kelurga dan Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes mengadakan pertemuan terkait dengan persiapan pembentukan dan pengembangan kelas Ibu dan Balita di Kabupaten Brebes tahun 2018. Persiapan pembentukan dan pengembangan Kelas Ibu dan Balita dihadiri oleh bidan coordinator 38 puskesmas se Kabupaten Brebes. Materi yang dibahas mencakup perawatan kesehatan bayi dan anak sampai usia 5 tahun. Persiapan pembentukan Kelas Ibu Balita ini akan diadakan di 38 Puskesmas Kabupaten Brebes, dengan coordinator dan fasilitator di daerah masing-masing.

Kelas Ibu-Balita ini merupakan kelas dimana para ibu yang mempunyai anak berusia 0-5 tahun secara bersama-sama berdiskusi, dan saling tukar pendapat serta pengalaman tentang pemenuhan pelayanan kesehatan, gizi dan stimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak dengan bimbingan fasilitator dan menggunakan buku KIA sebagai panduan. Kelas Ibu – Balita ini dibentuk dari, oleh dan untuk masyarakat. Agar efektif, kelas Ibu Balita perlu diintegrasikan dengan kegiatan terkait kesehatan anak balita di masyarakat, antara lain PAUD (pendidikan anak usia dini), bina keluarga balita atau kegiatan desa lainnya. Praktek yang dapat dilakukan dalam Kelas Ibu Balita antara lain pembuatan dan pemberian MP-ASI, mencuci tangan, PHBS, cara memantau dan menstimulasi pertumbuhan dan lain-lain. Bahkan dapat berbagi pengalaman dan informasi seputar penyakit pada anak, dan bagaimana cara menanganinya.  

Dengan persiapan pembentukan dan pengembangan Kelas Ibu Balita diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu dengan menggunakan BUKU KIA dalam mewujudkan tumbuh kembang balita yang optimal, sehingga kedepan anak balita Kabupaten Brebes jauh dari stunting dan penyakit lainnya.