Pertemuan Jejaring PPM Promosi Kesehatan Tingkat Kabupaten di Kabupaten Brebes Tahun 2018

Written by meilansari

Published  Thursday,   06 September 2018   01:00 Pm

 

Written by Admin

 

 

 

Pengorganisasian dan pengembangan masyarakat (PPM) merupakan teknologi yang digunakan  untuk melakukan intervensi pada faktor pendukung (enabling faktor) sebagai salah satu prasyarat untuk terjadinya proses perubahan perilaku. Dengan teknologi PPM dilakukan pengorganisasian dan pengembangan sumber daya. Melalui PPM, promosi kesehatan diharapkan dapat disebarkan pada masyarakat. Petugas memiliki peran yang dominan mengingat bahwa mereka lah yang memprakarsai kegiatan dan sumberdaya yang dibutuhkan untuk keperluan pembangunan bidang kesehatan. Petugas kesehatan dapat memberikan instruksinya kepada masyarakat dalam mempromosikan informasi tentang kesehatan.

Seksi Promosi Kesehatan Pemberdayaan Masyarakat dan Kesehatan Lingkungan mengadakan pertemuan tentang pengorganisasian dan pengembangan masyarakat dalam mempromosikan informasi kesehatan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes yang dihadiri oleh petugas promosi kesehatan puskesmas se Kabupaten Brebes. Dalam pertemuan hadir Ibu Yuli dari Dinkes Provinsi Jawa Tengah sebagai narasumber, Ibu dr. R. P. Utami Kabid Kesehatan Masyarakat dan Bapak Ismawan selaku Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular dan Tidak Menular. Ibu Utami menyampaikan dalam sambutannya, dalam promosi kesehatan hal-hal yang harus diingat adalah memperkenalkan kepada masyarakat pesan-pesan kesehatan, upaya-upaya kesehatan sehingga masyarakat dapat menerima perilaku kesehatan, mengenal pesan-pesan kesehatan yang akhirnya masyarakat diharapkan dapat berperilaku sehat.

Ibu Yuli menjelaskan bahwa dalam melakukan promosi kesehatan diperlukan perencanaan sebelum melakukan promosi kesehatan. Dengan mempersiapkan secara sistematis kegiatan apa yang akan dilakukan dalam promosi kesehatan tentunya akan sangat membantu agar mencapai hasil yang baik. Sumber-sumber yang ada dipersiapkan secara efektif dan efisien guna melakukan promosi kesehatan. Melalui perencanaan tandasnya, tujuan yang akan dicapai menjadi jelas, obyektif dan rasional serta dapat menjadi acuan atau dasar bagi fungsi manajemen lainnya. Dengan adanya perencanaan pula hal-hal atau kemungkinan-kemungkinan yang diperkirakan akan terjadi pada masa yang akan datang.

Melalui Pertemuan jejaring PPM ini diharapkan petugas kesehatan yang akan melakukan promosi kesehatan melakukan perencanaan terlebih dahulu agar segala sesuatu atau hal-hal yang menyangkut kesehatan dapat dipahami oleh seluruh masyarakat serta dapat menjadi acuan masyarakat agar hidup lebih baik kedepannya. Dengan perencanaan promosi kesehatan dapat membantu manajemen untuk menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan, membantu dalam kristalisasi persesuaian dalam masalah-masalah utama, sehingga memungkinkan petugas kesehatan memberikan informasi pada jejaring PPM yang akan melakukan promosi kesehatan memahami keseluruhan gambaran promosi kesehatan dengan lebih jelas.