KELUARGA SADAR GIZI, INDONESIA SEHAT DAN PRODUKTIF dalam Peringatan HARI GIZI NASIONAL ke 59 TAHUN 2019

Published  Friday,    25 January 2019         09:45 AM

Written by Admin

 

 

 

 

Pembangunan kesehatan dengan investasi utama pembangunan sumber daya manusia Indonesia akan memberikan manfaat jangka panjang dan berkelanjutan. Salah satu komponen terpenting dalam pembangunan kesehatan adalah terpenuhinya kebutuhan gizi masyarakat terutama pada periode 1000 HPK (hari pertama kelahiran). Periode kehamilan hingga anak berusia 2 tahun merupakan kesempatan emas dalam mencetak generasi berkualitas bebas stunting dan masalah gizinya. Intervensi pada periode ini tidak boleh diabaikan, karena menjadi penentu tingkat pertumbuhan fisik, kecerdasan dan produktivitas seseorang.

Stunting dan masalag gizi lainnya merupakan ancaman besar bagi negara, karena akan berdampak pada menurunnya kualitas sumberdaya manusia ke depannya. Upaya bersama berbagai pemangku kepentingan perlu terus dilakukan  sesuai peran dan fungsinya masing-masing dengan mengutamakan komitmen, kampanye, konvergensi program, akses pangan bergizi dan monitoring program. Selanjutnya upaya tersebut perlu bersinergi dengan system pangan global, melalui penerapan pola gizi seimbang untuk mencapai ketahanan pangan dan gizi, kesehatan, pembangunan pertanian dan lingkungan secara terpadu.

Pada peringatan hari Gizi Nasional Tahun 2019 harus dijadikan sebagai momentum meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya peran keluarga. Selain itu perlu menggalang kepedulian dan meningkatan komitmen dari berbagai pihak dalam membangun gizi bangsa. Dengan tema “Keluarga Sadar Gizi, Indonesia Sehat dan Produktif” dengan slogan “Gizi Seimbang, Prestasi Gemilang”. Peringatan hari Gizi Nasional ke 59 ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen dan mempererat kolaborasi seluruh elemen bangsa untuk bekerja bersama membangun gizi dalam upaya mencegah stunting demi bangsa Indonesia yang sehat dan berkualitas.