SINERGITAS dan KOMITMEN PERCEPATAN ODF Kabupaten BREBES Tahun 2019

Published  Thursday,   19 September 2019      11:15 AM

 

Written by Admin

 

 

 

 

Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes melalui Seksi Promosi Kesehatan, Pemberdayaan Masyarakat dan Kesehatan Lingkungan mengadakan Pertemuan Sinergitas dan Komitmen Percepatan ODF yang diadakan di Ruang Pertemuan Kantor Sekretariat Bupati Kabupaten Brebes. Dalam pertemuan hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Bapak dr. Sartono, M.M, Ibu Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dr. R. P Utami, M.Kes, Bupati Brebes yang diwakili Wakil, Bapak Narjo, S.H, M.H, 38 Kepala Puskesmas se Kabupaten Brebes, perwakilan dari masing-masing pendamping desa se Kabupaten Brebes, dan Nara Sumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Bersama, wujudkan Kabupaten Brebes Capai ODF Tahun 2020, ajak Bapak Narjo, kepada seluruh peserta pertemuan. Beliau menjelaskan dalam sambutannya diperlukan sinergitas, bukan hanya pemerintah sebagai pelaksana utama, namun, segenap organisasi dan masyarakat ikut berpartisipasi aktif dalam Program Percepatan Pencapaian ODF Tahun 2020. Tokoh masyarakat dan agama bekerjasama dalam upaya pendampingan oleh tenaga kesehatan masyarakat atau petugas sanitasi akan sangat dibutuhkan dalam rangka memicu dan memotivasi masyarakat agar bergerak aktif dan sadar pengetahuan mengenai pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Baperlitbangda menjabarkan tentang data sementara jumlah desa ODF adalah 80 desa yang termasuk desa ODF dari total 297 desa/kelurahan. Masih 210 desa/kelurahan yang belum teridentifikasi sebagai desa ODF. Dengan data tersebut, Bapak Narjo menghimbau kepada seluruh Kepala Desa di Kabupaten Brebes agar berperan aktif menggerakan masyarakat di daerahnya masing-masing terkait pencapaian ODF. Diperlukan koordinasi Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, para Camat, dan Puskesmas untuk melakukan identifikasi, menghitung jumlah unit jamban keluarga sehat yang dibangun melalui dana CSR, donasi dari pelaku usaha, lembaga di luar maupun dalam pemerintah kabupaten.

Bapak Narjo, Bapak dan Ibu Pejabat Struktural dari Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dari SKPD terkait, serta Kepala Puskesmas se Kabupaten Brebes, Organisasi Masyarakat dan Tokoh Agama serta perwakilan lembaga di luar Pemerintah Kabupaten yang hadir dalam pertemuan, melakukan “penandatangan komitmen bersama” yang menjadi bentuk awal Sinergitas dan Komitmen Percepatan ODF Kabupaten Brebes pada tahun 2020.