SUKSESKAN PROGRAM BULAN IMUNISASI ANAK NASIONAL 2022 (BIAN)

Published    Thursday        09 JUNE 2022     09:20 AM

 

Written by Admin

 

 

 

 

 

 

 

Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan adalah kegiatan penyelenggaraan program imunisasi anak nasional yang merupakan 2 bagian pilar dari 6 pilar transformasi kesehatan Indonesia, yaitu pilar pertama yang berisi tentang transformasi sistem pelayanan kesehatan primer yang berbicara tentang pencegahan, dan pilar keenam yaitu transformasi sistem teknologi informasi kesehatan.

 

Menteri Kesehatan Republik Indonesia menyatakan bahwa Kementerian Kesehatan telah melakukan transformasi dengan menambah jumlah vaksin / imunisasi wajib sebanyak 3 vaksin yang akan berikan kepada masyarakat, diantaranya :

 

         1.    Vaksin HPV yang dipergunakan untuk melakukan pencegahan Kanker Serviks untuk para Ibu

 

         2.    Vaksin PCV untuk Pneumonia pada Balita

 

         3.    Vaksin Rotavirus untuk penyakit diare pada Balita

 

Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit – penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. BIAN adalah pemberian imunisasi tambahan Campak – Rubella serta melengkapi dosis Imunisasi Polio dan DPT – HB – Hib  yang terlewat.

 

Dengan pencanangan program BIAN diharapkan mampu menciptakan anak-anak Indonesia yang lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat mengganggu hingga mengancam kesehatannya. Kita dapat mempersiapkan anak-anak yang nantinya akan berada di usia kerja yang berkualitas, unggul, sehat dan produktif.