Surveilans Kualitas Air Minum Rumah Tangga (SKAMRT) Kabupaten Brebes Tahun 2023

Published   TUESDAY.  OCTOBER  17th  2023     1:09 PM

 

Written by Admin

 

 

 

Seksi Promosi Kesehatan Pemberdayaan Masyarakat dan Kesehatan Lingkungan mengadakan Bimbingan Teknis Persiapan Surveilans Kualitas Air Minum Rumah Tangga (SKAMRT) tahun 2023. Pertemuan dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Bapak Imam Budi S, S.ST, M.H.Kes, programmer dari Promosi Kesehatan Dinkes Kab. Brebes sebagai nara sumber dan peserta sebagai petugas surveilan Puskesmas se Kabupaten Brebes.

 

“Air minum sangat langsung bersentuhan dengan kita, kualitas air minum haruslah terjaga dan memenuhi syarat – syarat kelayakan, tugas kita bersama untuk menjaga kualitas air minum tersebut agar sampai di rumah tangga dengan baik”, sambut Bapak Imam dalam membuka acara.

 

      Tahun ini telah disiapkan untuk melaksanakan kegiatan Surveilans kegiatan rutin yang dilakukan oleh sektor kesehatan untuk identifikasi resiko dan pengelolaan risiko pada sarana air minum, memperoleh data dan informasi tentang kualitas air minum di tingkat rumah tangga di Kabupaten Brebes. Untuk intervensi praktik pengelolaan air minum rumah tangga STBM pilar 3 PAMRT (pengelolaan air minum rumah tangga) di setiap puskesmas. Surveilans diharapkan dapat memperbaiki rencana pengamanan air minum (RPAM) dari penyedia air yang mendistribusikan air ke rumah tangga, peningkatan kepedulian masyarakat untuk mendapatkan dan mengkonsumsi air minum aman.