PENDAMPINGAN AKREDITASI LABKESDA KABUPATEN BREBES TAHUN 2017

Written by meilansari

Published    Friday,   12 May 2017   09:00

Written by Admin

 

                           

 

LABKESDA dalam rangka meningkatkan kualitas dalam pelayanan melaksanakan kegiatan “Pendampingan Akreditasi Labkesda kabupaten Brebes tahun 2017” yang dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Kab Brebes dengan narasumber dari Balai Laboratorium Kesehatan dan Pengujian Alat Kesehatan Jateng Budi Widiastuti, SCHN, M.Kes dan Endah Wahyuni Yuniati, SKM. Peserta yang mengikuti kegiatan pendampingan Akreditasi yaitu karyawan UPTD Labkesda. Acara dibuka oleh Kepala UPTD Labkesda Brebes, Kepala Dinas Kesehatan Kab Brebes dan Kepala BLK Jateng.

Apa itu Akreditasi Laboratorium Kesehatan? Pengakuan yang diberikan kepada laboratorium kesehatan yang telah menetapkan standar pelayanan laboratorium kesehatan yang ditetapkan. Diperlukan akreditasi laboratorium kesehatan agar masyarakat mendapatkan pelayanan laboratorium yang bermutu, perlindungan yang layak dan terjangkau, memberikan pelayanan laboratorium kesehatan yang prima, serta dapat dipertanggungjawabkan.

Paparan pendampingan akreditasi Labkesda disampaikan oleh Kepala UPTD Labkesda, yang dilanjutkan dengan paparan penguatan Akreditasi, Dokumen Akreditasi dan K3 yang disampaikan narasumber. Paparan tim mutu (self assessment) oleh UPTD Labkesda.

Kegiatan pendampingan UPTD Labkesda Kab Brebes dilaksanakan sebagai langkah awal untuk mewujudkan laboratorium kesehatan di kab Brebes yang terakreditasi. Dalam kegiatan pendampingan akreditasi ini dilakukan simulasi penilaian (self assessment) yang terdiri dari berbagai aspek penilaian. Penilaian dilakukan dengan menilai kelengkapan dokumen-dokumen akreditasi. Dari hasil assessment UPTD Labkesda mendapatkan total nilai akhir dengan prosentase 59,4%. Penilaian dilanjutkan dengan peninjauan ruangan, sarana dan prasarana, diskusi dan rencana tindak lanjut. Rencana tindak lanjut dilakukan dengan tujuan agar dokumen-dokumen, sarana prasarana  yang belum terpenuhi dapat dilengkapi.

Dengan adanya pendampingan akreditasi Labkesda kab Brebes, diharapkan pengakuan kepada Labkesda Kabupaten Brebes telah mencapai tingkat pelayanan kesehatan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, dapat memberikan pelayanan yang bermutu serta memberikan jaminan dan kepuasan kepada pelanggan dan masyarakat Kabupaten Brebes.