Workshop Akreditasi Laboratorium Kesehatan Kabupaten Brebes Tahun 2019

Written by meilansari

Published  Wednesday,   20 March 2019     10:00 AM

 

Written by Admin

 

 

 

Laboratorium Kesehatan Kabupaten Brebes mengadakan pertemuan terkait Akreditasi Labkesda Kabupaten Brebes Tahun 2019. Workshop ini dilaksanakan di Aula Meeting Hotel Grand Dian Brebes. Dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr. Sartono, M.M memberikan sambutan bahwa untuk menjamin mutu pelayanan laboratorium kesehatan perlu dilakukan penilaian secara berkala melalui pelaksanaan akreditasi dan penerbitan sertifikat akreditasi laboratorium kesehatan. Seperti diketahui tahapan dari Akreditasi Labkesda antara lain workshop, kemudian akan ada bimbingan I pada bulan April 2019, bimbingan II bulan Juni 2019, tahapan selanjutnya adalah survey Simulasi pada bulan Agustus 2019 dan survey akreditasi pada bulan Oktober 2019.

Ibu Istiadah selaku Kepala UPTD Labkesda Kabupaten Brebes menjelaskan dalam workshop ini akan disampaikan beberapa materi antara lain penggalangan komitmen, PMK No. 3 Tahun 2019 tentang Juknis DAK NF 2019, Pedoman Akreditasi Labkes, Standard dan Parameter Manajemen, Standar dan Parameter Teknis, Tour de Lab atau Orientasi Laboratorium, Audit Internalm Self Assesment, dan RTL. Beliau juga menghimbau kepada seluruh karyawan dan karyawati Labkesda Kabupaten Brebes dalam Akreditasi labkesda akan mendorong laboratorium kesehatan untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan sehingga mutu pelayanan dapat dipertanggungjawabkan dan memberikan jaminan serta kepuasan kepada masyarakat atau pengguna jasa laboratorium bahwa pelayanan laboratorium yang diberikan sudah sesuai dan memenui standar penilaian laboratorium yang ditetapkan.

Dengan adanya workshop ini diharapkan karyawan dan karyawati Labkesda Kabupaten Brebes memperoleh informasi lebih lanjut mengenai akreditasi labkesda dan acuan bagi kita semua . Ibu Istiadah juga menyampaikan bahwa workshop ini adalah tahapan awal dalam serangkaian proses Akreditasi Labkesda Kabupaten Brebes, untuk itu agar semua peserta yang hadir dalam workshop ini dapat bekerja sama, berupaya dan ikut terlibat dalam proses pelaksanaan Akreditasi Labkesda Kabupaten Brebes. Sehingga diharapkan agar memperoleh hasil yang maksimal. Karena status akreditasi yang diperoleh suatu laboratorium kesehatan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kepercayaan terhadap pelayanan yang aman serta pemasaran pelayanan laboratorium tersebut kepada masyarakat atau pengguna jasa laboratorium