KAMPANYE IMUNISASI MEASLES RUBELLA KABUPATEN BREBES TAHUN 2017

Written by meilansari

Published  Tuesday,  25 July 2017   9:45 AM

Written by Admin

 

 

 

Apa itu Kampanye Imunisasi MR ?

           Kampanye Imunisasi MR (Measless Rubella) adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 tahun sampai dengan < 15 tahun tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes melalui Seksi Surveilan dan Imunisasi Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mengadakan workshop kampanye Measles dan Rubella (MR) tingkat Kabupaten Brebes. Workshop dihadiri petugas koordinator imunisasi Puskesmas se Kabupaten Brebes. Imunisasi Measles Rubella di Kabupaten Brebes akan dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2017.

           Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindrome Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian, dan keterlambatan perkembangan. Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus.

           Imunsasi MR diberikan untuk semua anak usia 9 Bulan sampai dengan usia kurang dari 15 Tahun selama kampanye Imunisasi MR bulan Agustus - September 2017.

Dimanakah bisa mendapatkan Kampanye Imunisasi MR ?

           Bulan Agustus : Imunisasi MR diberikan untuk anak usia sekolah 7 tahun sampai dengan 15 tahun (SD/MI/Sederajat, SMP/MTS/Sederajat). Misalkan ada yang sudah berusia 15 tahun bersekolah di SMU/Sederajat harus diberikan juga imunisasi MR.

           Bulan September : Imunisasi MR diberikan untuk bayi usia 9 bulan sampai dengan anak usia < 7 tahun, dilaksanakan di Posyandu, Puskesmas, dan Sarana Pelayanan Kesehatan Lainnya.

AYO LINDUNGI BUAH HATI ANDA DARI KESAKITAN, KECACATAN DAN KEMATIAN DARI PENYAKIT CAMPAK DAN RUBELLA