Senam Sehat Bersama dalam rangka HARI TBC SEDUNIA 2019

Published  Monday,    25 March 2019        11:30 AM

Written by Admin

 

 

 

Serangkaian kegiatan dalam rangka Hari TBC Sedunia yang diperingati setiap tanggal 24 maret di seluruh dunia. Tidak ketinggalan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Seksi P3TM&M, Seksi Promosi Kesehatan Pemberdayaan Masyarakat dan Kesehatan Lingkungan serta karyawan dan karyawati yang ikut hadir dalam mensukseskan TBC World Day 2019 menggelar kegiatan yang mengajak masyarakat Kabupaten Brebes agar selalu bugar dan aktif, tentunya outputnya adalah sehat. Bertempat di Pasar Ahad Saporete Kompleks Islamic Center Brebes, Seksi P3TM&M mengadakan Senam Sehat Bersama. Selain itu juga sosialisasi dan konsultasi mengenai penyakit TB, juga pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat yang ingin mengetahui status kesehatannya.

dr. Sartono selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dr. Sri Gunadi P, M.Kes selaku Kepala Dinas DP3KB, serta Bapak dan Ibu Pejabat Struktural SKPD terkait hadir dan mengikuti senam bersama. Bapak Sartono menyampaikan dalam sambutannya bahwa TBC bukan merupakan momok yang harus ditakuti, yang benar adalah diobati dengan cepat dan tepat. TBC adalah penyakit yang bisa disembuhkan, tambahnya. Pemerintah Kabupaten Brebes berkomitmen untuk eliminasi TBC di Kabupaten Brebes ini. Pencegahan dan Pengendalian TBC masih menjadi prioritas pembangunan nasional. Komitmen tersebut terwujud diantaranya dalam jaminan kesehatan nasional untuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada pasien TBC, adanya pelaksanaan pendekatan keluarga dan masyarakat, pembentukan strategi kemitraan masyarakat dan swasta di daerah, pencarian aktif dari pasien TBC dan pengembangan inovasi dan penelitian pengembangan kebijakan TBC masih terus dilaksanakan.

Untuk itu kepada seluruh masyarakat yang hadir dalam kegiatan ini, dr. Sartono mengajak untuk mulai hidup sehat, lakukan gerakan masyarakat sehat, perilaku hidup bersih dan sehat. Serta bagi penderita untuk tidak menyerah, dan tetap semangat, patuh dalam pengobatan, karena TBC dapat disembuhkan. Dalam kegiatan juga disediakan doorprize bagi masyarakat yang mengunjungi dan mengikuti senam sehat. Kegiatan bukan hanya senam sehat, dalam rangka TBC Day 2019 ini dibuka LOMBA POSTER dengan tema Kampanye TBC. Kesempatan tersebut terbuka bagi Umum dan Pelajar. Batas akhir pendaftaran karya adalah 23 Maret 2019, dan pemenang diumumkan pada saat puncak acara TBDay. Dengan kegiatan ini diharapkan semua masyarakat Kabupaten Brebes dapat lebih aware lagi mengenai penyakit TBC.