Monthly Interim Cohort Analys (MICA) TBC Kabupaten Brebes 2023

Published    Friday,   May 5th 2023   08:30 AM

 

Written by Admin

 

 

 

 

 

Guna menjaga konsistensi peningkatan pelayanan dan pemerataan tugas Faskes, Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dan Wasor adakan kegiatan MONTHLY INTERIM COHORT ANALYS (MICA) TBC, pada kamis 4 mei 2023.

MICA dilaksanakan untuk meningkatkan pelayanan dan pemerataan tugas Faskes sebagai upaya optimalisasi pengobatan pasien TBC RO, Case Finding dan meningkatkan pemeriksaan TCM kepada terduga dan pasien SO dengan indikasi TB RO. Diadakan di Aula Meeting RM D’Angklo Brebes, dengan melibatkan Wasor TB Dinkes Provinsi Jawa Tengah sebagai fasilitator, dan 23 peserta diantaranya Kabid P2P Dinkes Brebes, Pengelola Program TBC Dinkes Brebes, TO TBC Kab Brebes, Pengelola Program TBC RO RSUD Brebes, 18 Pengelola Program TBC Puskesmas Satelit TB RO dan MK TB RO Kabupaten Brebes.

Kegiatan berlangsung selama dua hari. Hari pertama penyampaian materi disampaikan oleh Kabid P2P Dinkes Brebes, Imam Budi Santoso, S.ST, M.H.Kes, dan TO TB RO Dinkes Provinsi Jawa Tengah Cicilia Ninik Sulistya, dalam menyampaikan beberapa hal yang perlu ditindak lanjuti antara lain :

·      Melakukan desentralisasi pemerataan tugas di Faskes sehingga tercapai optimalisasi pengobatan pasien TB RO

·      Mencari dan menemukan Terduga maupun pasien Default dan Mangkir dari data SITB

·      Meningkatkan pelayanan pemeriksaan TCM di PKM Faskes Satelit

Hari kedua kegiatan pertemuan dilanjutkan dengan diskusi bersama TAK, Dokter dan PJ TB PKM Lampung Selatan. Paparan enroll pasien TB RO oleh Tim Puskesmas sebagai faskes desentralisasi. Dari hasil diskusi diharapkan lebih meningkatkan pelayanan sebagai prioritas utama untuk kesembuhan pasien TBC.

Dengan adanya MICA ini diharapkan berjalannya pengobatan pasien TB RO akan lebih baik lagi, dukungan serta kepatuhan pengobatan juga lebih optimal. Terpenuhinya target pengobatan dengan ditemukan kasus TB RO default dan mangkir agar melakukan Enroll di RS PMDT. Diharapkan peningkatan Kerjasama agar tercapai Success Rate TB RO Brebes. MICA yang berkesinambungan akan dilaksanakan secara periodic di Kabupaten / Kota se Provinsi Jawa Tengah.