MUSYAWARAH RENCANA PEMBANGUNAN BIDANG KESEHATAN KABUPATEN BREBES TAHUN 2018

Written by meilansari

Published   Tuesday,   6 March 2018    10:10 AM

Written by Admin

 

 

 

Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) Bidang Kesehatan kali ini diadakan pada tanggal 27 Februari 2018 bertempat di Grand Dian Hotel dan dihadiri lebih dari 80 orang tamu undangan, dimana tamu undangan terdiri dari Perwakilan Anggota Dewan, Sekretaris Daerah Kabupaten Brebes, Camat se Kabupaten Brebes, beberapa Kepala SKPD terkait, Direktur RSUD dan RS Swasta, Perwakilan Organisasi Profesi, LSM, dan beberapa Pejabat Struktural di Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes.

Berdasarkan surat edaran Bupati Brebes Nomor 050/04036/2017 tentang Arah Kebijakan Penyusunan RKPD Tahun 2019 dan Pelaksanaan Musrenbang Tahun 2018 dan RPJMD Kabupaten Brebes Tahun 2017-2022, Perspektif Kabupaten Brebes untuk lima tahun kedepan dijabarkan ke dalam permasalahan pembangunan dan isu-isu strategis. Perencanaan pembangunan daerah bidang kesehatan difokuskan dalam hal sebagai berikut :

1. Masih tingginya Angka Kematian Ibu (AKI)

2. Tingginya Angka Kematian Bayi (AKB)

3. Tingginya Angka Penularan Penyakit (TB, DBD/Cikungunya, Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi)

4. Ketersediaan sarpras kesehatan serta tenaga kesehatan yang belum tersebar merata

5. Masih tingginya kasus gizi buruk, gizi kurang, dan stunting.

Pada MUSRENBANG Bidang Kesehatan ada 3 materi yang disampaikan, materi pertama tentang "Arah dan Kebijakan Pembangunan Kesehatan Jawa Tengah Tahun 2018" disampaikan oleh Kepala Subbag Program Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yuni Rahayuningtyas, SKM, M.Kes. Materi Kedua tentang "Arah Kebijakan Pembangunan Kabupaten Brebes Tahun 2019" disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Brebes Dr. Drs. Angkatno, SH, M.Pd, untuk Materi ketiga tentang "Evaluasi Kinerja Bidang Kesehatan Tahun 2017" disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr. Sri Gunadi Parwoko, M.Kes.