Kunjungan Kerja Komisi IV DPRD Kabupaten Pandeglang Ke Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Tahun 2018

Published  Tuesday,    17 April 2017    11:00 AM

Written by Admin

 

 

 

 

 

Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes menerima kunjungan kerja rombongan Komisi IV DPRD Pandeglang Banten di Kabupaten Brebes di Aula DKK Brebes. Kunjungan kerja dihadiri oleh Bapak-Ibu Pejabat Struktural DKK Brebes. dra. J.P Dewi Selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dalam sambutannya menyampaikan, kunjungan kerja Komisi IV DPRD Kabupaten Pandeglang dalam rangka membahas cara penanganan Penyakit Menular dan Upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Seperti kita ketahui bersama, bahwa AKI dan AKB yang masih cukup tinggi, dan Penyakit Menular seperti HIV/AIDS yang ada di kabupaten Brebes, menunjukan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Brebes yang belum meningkat dan menarik simpati banyak pihak untuk mengadakan kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Brebes. Demikian pula, derajat kesehatan Kabupaten Pandeglang, yang jauh dari sempurna.

Dalam kunjungan kerja Komisi IV DPRD Pandeglang mengharapkan upaya bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes untuk meningkatan derajat kesehatan masyarakat baik Kabupaten Brebes maupun Kabupaten Pandeglang. Upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat tidak hanya mengacu pada pelayanan kesehatan, namun juga masyarakat Kabupaten Brebes maupun Kabupaten Pandeglang didorong melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), karena sangat penting untuk mencegah dari terjangkit penyakit, ungkap Ibu Sekdin.

Jumlah penderita baru HIV/AIDS tahun 2017 mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Tahun 2017 penderita HIV/AIDS meningkat menjadi 149 orang, sedangkan di tahun 2016 ditemukan 132 orang. Dari hasil pendataan diketahui jumlah penderita terbesar berasal dari kaum lelaki suka lelaki atau gay, jelas Ismawan Nur Laksono selaku Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular dan Tidak Menular. Prosentasenya mencapai 30 persen dari total jumlah penderita yang ada. Diurutan kedua berasal dari ibu rumah tangga sebesar 20 persen. Sejauh ini penanganan dan pencegahan penderita HIV/AIDS menghadapi banyak kendala, antara lain masih minimnya kesadaran penderita untuk berobat. Padahal selama ini Pemerintah daerah memberikan fasilitas gratis dalam pengobatan penderita HIV/AIDS.

Dalam Pertemuan Kunjungan Kerja Komisi IV DPRD Pandeglang, Bapak Awaludin SKM, M.Kes selaku Kabid P2 menjelaskan upaya strategis yang dapat dilakukan bagi Kabupaten Brebes dan Kabupaten Pandeglang yaitu melalui sosialisasi dan kampanye bahaya HIV/AIDS kepada pelajar. Mereka diberikan pengetahuan untuk mengenal HIV/AIDS dan cara penularannya. Tidak hanya itu, kegiatan lain juga harus dapat dilaksanakan diantaranya pembentukan warga dan pelajar peduli AIDS, pemberian pengetahuan HIV/AIDS sedini mungkin, pendampingan ODHA dan pengembangan layanan VCT/PITC. Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes sendiri membentuk Tim Manajer Kasus HIV/AIDS yang merupakan layanan yang berpusat pada klien (ODHA). Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang pun diharapkan dapat berupaya dengan membentuk Tim Manajer Kasus HIV/AIDS diwilayahnya. Dengan adanya Tim Manajer Kasus HIV/AIDS diharapkan dapat lebih terampil dalam perawatan dan dukungan pengobatan HIV, kebutuhan kesehatan dapat dicapai dengan tetap menjaga kerahasiaan klien, serta kedepan bukan tidak mungkin Kabupaten Brebes dan Kabupaten Pandeglang bersama dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakatnya.