Published Thursday, 15 June 2017 2:07 PM
Written by Admin
Prinsip Akreditasi adalah QUALITY, yang mana salah satu aspeknya adalah Performance. Performance dapat dilihat dari Gedung, Karyawan, Lingkungan dan apa yang
nampak. Sehubungan dengan penggalangan Komitmen dan pembentukan Tim Mutu, Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes bersama dengan Konsultan Pendamping
Akreditasi Puskesmas melaksanakan persiapan Pendampingan Akreditasi Puskesmas di Kab Brebes. Acara diselenggarakan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dihadiri
oleh peserta dari 10 Puskesmas di Kabupaten Brebes yang menjadi sasaran akreditasi. Puskesmas tersebut antara lain : Puskesmas Bumiayu, Sirampog, Tonjong, Jatibarang,
Larangan, Banjarharjo, Kecipir, Tanjung, Siwuluh, dan Puskesmas Brebes. Pertemuan dibuka oleh Ibu Sekretaris Dinas Kesehatan Kab Brebes dra. J. P Dewi, pengisi materi
oleh CV. Gama Solution. Sasaran dalam persiapan pendampingan Akreditasi Puskesmas adalah Kepala Puskesmas, Ketua Tim Mutu, Ketua Tim Akreditasi, Koordinator Pokja
Admen, Koordinator Pokja UKM, dan Koordinator Pokja UKP.
Materi yang disampaikan dalam pertemuan antara lain jadwal pendampingan akreditasi, pendalaman dokumen, penomoran dokumen, pencetakan dokumen serta
penyusunan tim mutu. Hasil dari pertemuan Pendampingan Akreditasi Puskesmas oleh Konsultan Pendamping Akreditasi Puskesmas di Kabupaten Brebes adalah
penggalangan komitmen Kepala Puskesmas, Ketua Tim Mutu, Ketua Tim Akreditasi dan Koordinator masing-masing Pokja untuk kelancaran proses akreditasi. Gambaran
mengenai survey dan penataan tata graha puskesmas. Sedangkan rencana tindak lanjut yang perlu dilakukan adalah Kepala Puskesmas, Ketua Tim Mutu, Ketua Tim
Akreditasi dan Koordinator masing-masing Pokja sepakat untuk mulai melakukan upaya perbaikan, pengecekkan tata graha oleh Konsultan.
Dengan diselenggrakannya rapat Koordinasi Persiapan Pendampingan Akreditasi Puskesmas diharapkan dapat memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap fasilitas
pelayanankesehatan, menjamin terselenggaranya pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada pasien dan masyarakat, meningkatkan pengelolaan resiko baik pada
pelayanan pasien di Puskesmas, membangun dan meningkatkan kinerja tim, meningkatkan reliabilitas dalam pelayanan, ketertiban pendokumentasian dan konsistensi dalam
bekerja, serta meningkatkan keamanan dalam bekerja.