Rapat Koordinasi Persiapan Pendampingan Akreditasi Puskesmas oleh Konsultan Pendamping Akreditasi Puskesmas di Kabupaten Brebes

Published  Thursday,  15 June 2017   2:07 PM

Written by Admin

 

 

Prinsip Akreditasi adalah QUALITY, yang mana salah satu aspeknya adalah Performance. Performance dapat dilihat dari Gedung, Karyawan, Lingkungan dan apa yang

nampak. Sehubungan dengan penggalangan Komitmen dan pembentukan Tim Mutu, Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes bersama dengan Konsultan Pendamping

Akreditasi Puskesmas melaksanakan persiapan Pendampingan Akreditasi Puskesmas di Kab Brebes. Acara diselenggarakan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dihadiri

oleh peserta dari 10 Puskesmas di Kabupaten Brebes yang menjadi sasaran akreditasi. Puskesmas tersebut antara lain : Puskesmas Bumiayu, Sirampog, Tonjong, Jatibarang,

Larangan, Banjarharjo, Kecipir, Tanjung, Siwuluh, dan Puskesmas Brebes. Pertemuan dibuka oleh Ibu Sekretaris Dinas Kesehatan Kab Brebes dra. J. P Dewi, pengisi materi

oleh CV. Gama Solution. Sasaran dalam persiapan pendampingan Akreditasi Puskesmas adalah Kepala Puskesmas, Ketua Tim Mutu, Ketua Tim Akreditasi, Koordinator Pokja

Admen, Koordinator Pokja UKM, dan Koordinator Pokja UKP. 

Materi yang disampaikan dalam pertemuan antara lain jadwal pendampingan akreditasi, pendalaman dokumen, penomoran dokumen, pencetakan dokumen serta

penyusunan tim mutu. Hasil dari pertemuan Pendampingan Akreditasi Puskesmas oleh Konsultan Pendamping Akreditasi Puskesmas di Kabupaten Brebes adalah

penggalangan komitmen Kepala Puskesmas, Ketua Tim Mutu, Ketua Tim Akreditasi dan Koordinator masing-masing Pokja untuk kelancaran proses akreditasi. Gambaran

mengenai survey dan penataan tata graha puskesmas. Sedangkan rencana tindak lanjut yang perlu dilakukan adalah Kepala Puskesmas, Ketua Tim Mutu, Ketua Tim

Akreditasi dan Koordinator masing-masing Pokja sepakat untuk mulai melakukan upaya perbaikan, pengecekkan tata graha oleh Konsultan.

Dengan diselenggrakannya rapat Koordinasi Persiapan Pendampingan Akreditasi Puskesmas diharapkan dapat memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap fasilitas

pelayanankesehatan, menjamin terselenggaranya pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada pasien dan masyarakat, meningkatkan pengelolaan resiko baik pada 

pelayanan pasien di Puskesmas, membangun dan meningkatkan kinerja tim, meningkatkan reliabilitas dalam pelayanan, ketertiban pendokumentasian dan konsistensi dalam

bekerja, serta meningkatkan keamanan dalam bekerja.