KOORDINASI PERENCANAAN KEGIATAN BANTUAN OPERASIONAL KESEHATAN (BOK) KABUPATEN BREBES 2018

Written by meilansari

Published   Tuesday,    06 February 2018    09:15   AM

Written by Admin

 

 

 

Seksi Pelayanan Kesehatan Primer, Rujukan dan Peningkatan Mutu Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes mengadakan pertemuan Koordinasi Perencanaan Kegiatan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Kabupaten Brebes Tahun 2018 yang diadakan di Grand Dian Hotel Brebes. Pertemuan dihadiri oleh anggota tim pengelola keuangan BOK Kabupaten Brebes dan anggota tim pengelola program Kabupaten Brebes. Bapak Edy Pujiharto SH, M.Kes selaku Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan menyampaikan dalam sambutannya, agar evaluasi bersama penggunaan dana bantuan operasional keuangan tahun lalu. Dana BOK yang diberikan Pemerintah dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja Puskesmas agar berjalan optimal. Alokasi pemakaian dana BOK di Puskesmas dan jaringannya antara lain dalam upaya kesehatan, penyelenggaraan manajemen puskesmas serta upaya pendukung atau penunjang untuk keberhasilannya.

Bantuan Operasional Keuangan merupakan bantuan dana dari Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI untuk meningkatkan kinerja Puskesmas dalam melaksanakan pelayanan kesehatan promotif, dan preventif sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) menuju Millenium Development Goals (MDGs). Tujuan umum dari BOK sendiri untuk meningkatkan akses dan pemerataan pelayanan kesehatan masyarakat melalui kegiatan promotif dan preventif dalam rangka mewujudkan pencapaian target SPM bidang kesehatan. Acara pertemuan koordinasi ini dilakukan desk rencana pelaksanaan kegiatan (RPK) BOK Puskesmas Tahun Anggaran 2018.

Hasil dari pertemuan koordinasi ini adalah ditetapkannya susunan anggaran DAK Bidang Kesehatan (Non Fisik) Tahun Anggaran 2018 untuk Puskesmas berdasarkan Pemanfaatan Belanja yang disahkan oleh Bapak Edy Pujiharto SH, M.Kes, dan ditetapkannya susunan anggaran DAK Bidang Kesehatan (Non Fisik) Tahun Anggaran 2018 untuk Puskesmas berdasarkan Pengelompokkan Kegiatan E-Planning yang disahkan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Ibu dra. J.P Dewi.