WORKSHOP KESELAMATAN PASIEN KABUPATEN BREBES 2018

Written by meilansari

Published   Thursday,   1 March 2018      09:00 AM

Written by Admin

 

 

 

 

Fasilitas Pelayanan Kesehatan termasuk Puskesmas memiliki resiko terhadap pengunjungnnya baik resiko pelayanan klinis maupun resiko pelayanan kesehatan masyarakat lainnya. Pelayanan Kesehatan yang tidak menjamin keselamatan bagi pasien, pengunjung, dan pengguna pelayanan akan menjadi beban masyarakat, pemerintah dan sarana kesehatan itu sendiri. Pasien, pengunjung dan masyarakat dapat mengalami cedera atau kejadian tidak diharapkan terkait dengan infeksi, kesalahan pemberian obat, pembedahan yang tidak aman, alih pasien yang tidak dilakukan dengan tepat, kesalahan identifikasi, kondisi fasilitas pelayanan yang tidak aman, maupun akibat penyelenggaraan kegiatan pada upaya kesehatan masyarakat yang tidak memperhatikan aspek keselamatan.

Resiko-resiko yang mungkin terjadi dalam pelayanan kesehatan perlu diidentifikasi dan dikelola dengan baik untuk mengupayakan keselamatan pasien, pengunjung, dan masyarakat yang dilayani. Standar Akreditasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama baik untuk Puskesmas, Klinik Pratama, maupun tempat Praktik Dokter / Dokter Gigi mensyaratkan diterapkan manajemen resiko sebagai upaya untuk meminimalkan resiko bagi pasien, sasaran kegiatan upaya kesehatan masyarakat dan lingkungan yang terkait dengan pelayanan yang disediakan oleh fasilitas kesehatan tingkat pertama dan menjamin keselamatan pasien. 

Workshop Keselamatan Pasien ini terbagi dalam Tiga Angkatan. Angkatan I dihadiri oleh Pejabat Struktural Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Pendamping Akreditasi FKTP Pokja Admen. Angkatan II dihadiri oleh sembilan Puskesmas, dari Dinas dihadiri oleh Pejabat Struktural Bidang Kesekretariatan, Pejabat Struktural Bidang Sumber Daya Kesehatan, Pendamping Akreditasi FKTP Pokja UKP. Angkatan III dihadiri oleh sembilan Puskesmas, dan dari Dinas dihadiri oleh Pejabat Struktural Bidang Kesehatan Masyarakat, Pejabat Strukural Bidang P2P dan Pendamping Akreditasi FKTP Pokja UKM. Kegiatan ini dibiayai dari DAK Non Fisik Kabupaten Brebes tahun anggaran 2018.

Diharapkan, workshop ini mampu meningkatkan kapasitas petugas Puskesmas dalam melaksanakan manajemen resiko dan meningkatan keselamatan pasien. Utamanya Puskesmas mampu melaksanakan manajemen resiko di Puskesmas.