DESK JKN ONLINE TRIWULAN KE DUA TAHUN 2018

Published   Tuesday,   31 July 2018     10:00 AM

Written by Admin

 

 

 

 

Seksi Pembiayaan dan Perijinan Pelayanan Kesehatan mengadakan pertemuan terkait dengan entry aplikasi atau Desk JKN Online pada Triwulan Kedua Tahun 2018. Pertemuan yang dihadiri oleh petugas JKN Puskesmas se Kabupaten Brebes dan Kepala BLUD se Kabupaten Brebes ini diadakan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes.

Walaupun petugas JKN Puskesmas se Kabupaten Brebes telah mengisi laporan bulanan yang di entry ke aplikasi JKN Online, beberapa petugas JKN Puskesmas masih ada yang bingung dalam mengentry laporan ke aplikasi JKN Online. Sehingga diharapkan dengan pertemuan ini, petugas JKN Puskesmas tidak mengalami kesulitan dan kebingungan dalam entry data ke aplikasi lagi. Petugas JKN salah satu Puskesmas mengakui system aplikasi JKN Online ini menunjukan kebingungan bagi user misalnya berubahnya system aplikasi pada data 10 penyakit apabila sedang dilakukan pengentrian serta beberapa petugas JKN mengutarakan ketika entry data laporan, data dapat berubah dan tidak sesuai dengan yang sudah dientrykan. Hal ini dimungkinkan terjadi karena system sedang melakukan loading terhadap data yang dientrykan. Server yang memproses system aplikasi pun membutuhkan waktu dalam proses update data. Kelemahan dari internet akses antara satu aplikasi dengan aplikasi yang lain memiliki kesamaan, yaitu ketika server sedang dijam sibuk, maka entry data ke aplikasi membutuhkan beberapa waktu dalam proses update data.

Bapak Edy Pujiharto SH, M.Kes selaku Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dalam pertemuan menjelaskan diperlukan koordinasi antara BPJS dengan pihak BLUD agar data yang ada dapat tersinkronisasi, karena ditemukan kendala, data jumlah peserta non PBI ternyata tidak tersedia di PCare, namun tersedia di aplikasi BJPS, sehingga tidak sinkron dan tidak efisien dalam melakukan entry data. Diharapkan akan selalu ada maintenance dan evaluasi dari system aplikasi yang sudah berjalan ini, sehingga akan meminimalisasi error saat user menggunakan aplikasi.