Sosialisasi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kabupaten Brebes Tahun 2018

Written by meilansari

Published  Monday,  10 September 2018   12:45 PM

 

Written by Admin

 

 

Salah satu unsur penting dan sangat vital yang menentukan keberhasilan akreditasi FKTP adalah  bagaimana mengatur system pendokumentasian dokumen. Pengaturan system dokumentasi dalam satu proses implementasi akreditasi FKTP penting karena dokumen merupakan acuan kerja, buku pelaksanaan dan penerapan kebijakan, program dan kegiatan serta bagian dari salah satu persyaratan Akreditasi FKTP. Untuk itulah Seksi Pelayanan Kesehatah Primer, Rujukan dan Peningkatan Mutu mengadakan Pertemuan Sosialisasi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama bersama petugas kesehatan di 38 Puskesmas se Kabupaten Brebes. Bapak Munaryo dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah sebagai nara sumber menjelaskan dengan pendokumentasian yang baik dalam suatu instansi atau organisasi diharapkan fungsi-fungsi setiap personal maupun bagian-bagian dari organisasi dapat berjalan sesuai dengan perencanaan bersama dalam upaya mewujudkan kinerja yang optimal.

Sosialisasi Akreditasi ini sebagai salah satu upaya untuk memberikan acuan dan kemudahan dalam pelaksanaan persiapan akreditasi baik oleh pendamping maupun pelaksana akreditasi FKTP. Akreditasi mempersyaratkan adanya pembukuan pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan melalui dokumentasi dan penelusuran, karena pada prinsip akreditasi, seluruh kegiatan harus tertulis dan apa yang tertulis harus dikerjakan dengan sesuai.

Salah satu unsur penting dan sangat vital yang menentukan keberhasilan akreditasi FKTP adalah bagaimana mengatur sistem pedokumentasian dokumen. Pengaturan sistem dokumentasi dalam satu dalam proses implementasi akreditasi FKTP dianggap penting karena dokumen merupakan acuan kerja, buku pelaksanaan dan penerapan kebijakan, program dan kegiatan, serta bagian dari salah satu persyaratan Akreditasi FKTP. Dengan adanya sistem dokumentasi yang baik dalam suatu institusi/organisasi diharapkan fungsi-fungsi setiap personil maupun bagian-bagian dari organisasi dapat berjalan sesuai dengan perencanaan bersama dalam upaya mewujudkan kinerja yang optimal. Dokumen yang dimaksud dalam Akreditasi FKTP secara garis besar dibagi atas dua bagian yaitu dokumen internal dan eksternal. Dokumen tersebut digunakan untuk membangun dan membakukan sistem manajemen mutu dan sistem manajemen pelayanan. Regulasi internal tersebut berupa Kebijakan, Pedoman, Standar operasional prosedur (SOP) dan dokumen lain disusun berdasarkan peraturan perundangan dan pedoman-pedoman (regulasi) eksternal yang berlaku. Agar para pemangku kepentingan Akreditasi FKTP memiliki acuan dan memudahkan dalam melakukan dokumentasi perlu disusun Pedoman Penyusunan Dokumen Akreditasi FKTP.