PERTEMUAN KESIAPSIAGAAN ARUS MUDIK BALIK IDUL FITRI 1440H

Published  Tuesday,    28 May 2019     01:10 PM

 

Written by Admin

 

 

Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes melalui Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Rujukan dan Peningkatan Mutu mengadakan Pertemuan Kesiapsiagaan Bidang Kesehatan dalam Arus Mudik dan Balik Hari Raya Idul Fitri 1440H. Hadir Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dr. Sartono, M.M, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Bapak Edy Pujiharto, SH, M.Kes, dan Kepala Puskesmas se Kabupaten Brebes. Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes menyediakan Pos Kesehatan Terpadu baik di Jalur Pantura, Brebes wilayah Tengah dan Brebes wilayah Selatan. Sarana Rumah Sakit Pelayanan 24 Jam Kabupaten Brebes yang tersebar baik di wilayah Utara, Tengah maupun Selatan Kabupaten Brebes. Jumlah tenaga kesehatan terdiri dari Dokter Umum sebanyak 86 Dokter Puskesmas, 52 Dokter Rumah Sakit, Dokter Gigi sebanyak 13 di Puskesmas, 18 di Rumah Sakit, Perawat sebanyak 496 di Puskesmas, dan 612 di Rumah Sakit, Bidan sejumlah 959 di Puskesmas, dan 908 di Rumah Sakit, dan Apoteker sejumlah 16 di Puskesmas, dan 27 di Rumah Sakit, jelas dr. Sartono. Sarana fasilitas kesehatan Puskesmas terdiri dari mobil ambulan 30 unit, mobil pusling 55 unit, motor ambulan 38 unit, dan PSC 119 mobil ambulan 1 unit, dan motor ambulan 6 unit, tambahnya.

Bapak Edi Pujiharto memberikan informasi seputar kegiatan Bidang Kesehatan selama Arus Mudik dan Balik diantaranya kesiapsiagaan layanan call center 119 (SPGDT), Penguatan layanan instalasi gawat darurat rumah sakit dari aspek sarana prasarana, SDM, Obat, dan peralatan yang tersedia sesuai standar, penyediaan transportasi rujukan pasien ke fasyankes (MOU, Ambulance), dan penguatan rujukan pasien di fasyankes dasar dan rujukan. Beliau juga menyampaikan terkait informasi bagi Tenaga kesehatan yang akan bergiliran menjaga pos kesehatan, apa saja yang perlu dilakukan dan diperhatikan selama menjaga pos kesehatan saat Arus Mudik maupun Balik. Semoga pos kesehatan di jalur Mudik kabupaten Brebes dapat membantu bagi pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan langsung pada saat perjalanan mudik dan perjalanan balik.

 

Bapak dr. Sartono menghimbau untuk para pemudik agar menghubungi layanan cepat tanggap darurat Public Safety Center (PSC) 119 apabila terjadi kejadian kegawatdaruratan kesehatan pada saat perjalanan mudik. Semoga perjalanan Mudik dan Balik selalu Aman, Sehat serta Selamat sampai tujuan. Selamat Idul Fitri 1440 H.