Rapat Koordinasi Kesehatan Gigi dan Mulut Se Kabupaten Brebes Tahun 2019

Written by meilansari

Published  Monday,    05 August 2019       11:45 AM

 

Written by Admin

 

 

 

 

 

Kesehatan yang perlu diperhatikan selain kesehatan tubuh secara umum, juga kesehatan gigi dan mulut, karena kesehatan gigi dan mulut dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh, ungkap drg. Adhi Supriadi, M.Kes selaku Koordinator Kesgilut Kabupaten Brebes pada Pertemuan Rakor Kesehatan Gigi dan Mulut Kabupaten Brebes Tahun 2019. Beliau menjelaskan kepada seluruh peserta pertemuan yakni dokter gigi dan perawat gigi Puskesmas se Kabupaten Brebes, dan juga Rumah Sakit serta Klinik yang ada di Kabupaten Brebes bahwa kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian integral dari kesehatan tubuh secara keseluruhan yang tidak dapat dipisahkan dari kesehatan tubuh secara umum. Ini merupakan tugas dari dokter gigi dan perawat gigi sebagai tenaga kesehatan untuk menghimbau kepada masyarakat bahwa untuk mencapai kesehatan gigi dan mulut yang optimal maka harus dilakukan perawatan gigi dan mulut secara berkala.

Kebersihan gigi dan mulut merupakan hal yang sangat penting dalam mencegah dari terjadinya penyakit-penyakit rongga mulut,” ini juga harus Bapak dan Ibu sampaikan kepada masyarakat wilayah kerja Saudara agar mereka mendengar dan memahami tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut, jelas drg. Adhi. Sudah banyak kasus yang menunjukan bahwa kerusakan pada gigi dan mulut dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara langsung atau tidak langsung. Kita ketahui bersama masalah utama kesehatan gigi dan mulut yaitu pada kelompok anak usia sekolah dasar, mereka sangat rentan terhadap kesehatan gigi dan mulut. Gigi susu dan gigi permanen pada anak rentan mengalami karies gigi. Penyakit rongga mulut yang sering dihadapi oleh anak-anak umumnya adalah penyakit gigi berlubang (dental cavity)  atau karies gigi dan periodontal (penyakit jaringan penyangga gigi).

Selain paparan cakupan UKGS di Puskesmas Se Kabupaten Brebes Semester 1 tahun 2019 juga paparan tentang kenaikan pangkat pada pegawai negeri sipil oleh Bapak Tajudin, dari Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinkes Kab Brebes. drg. Adhi berharap Kabupaten Brebes dapat meningkat lagi dalam memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut, utamanya di lingkungan Puskesmas, baik pelayanan yang bersifat preventif maupun kuratif kepada masyarakat. Tenaga kesehatan gigi agar menghimbau kepada masyarakat utamanya orangtua dalam mengembangkan perilaku positif terhadap kesehatan gigi dan mulut, menyampaikan cara memperbaiki kesehatan gigi dan mulut dengan memperhatikan perilaku anak berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut serta pola makan anak dengan sedikit mengkonsumsi makanan kariogenik, tambahnya.