SERTIFIKASI SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2015

Published  Friday,     15 November 2019     12:15 PM

 

Written by Admin

 

 

 

 

Seluruh karyawan dan karyawati Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes hadir dalam Open Meeting Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Aula kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes. Tim Audit Sistem Manajemen Mutu ISO hadir di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dalam rangka pelaksanaan Audit terkait Pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Hadir dari Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Ibu drg. Indah Rosana Dajajadiredja.

Open Meeting diawali peragaan “Safety Briefing” Ibu Yulianti Salim, S. Farm. Bapak dr. Sartono, M.M selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dalam sambutannya menjelaskan tentang “selayang pandang Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes”.

“Manfaatkan dengan baik, dengan hadirnya Ibu drg. Indah sebagai Leader Tim untuk mengetahui parameter, yang menjadi kekurangan agar senantiasa dapat meningkatkan mutu lebih baik lagi”, himbau dr. Sartono.

Beliau juga menjelaskan rekan-rekan kerja yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, diantaranya Bapak Muhtar, SKM, MKes, selaku Ketua Tim Audit Internal dalam Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 ini.

Ibu drg. Indah menyampaikan bahwa Implementasi dari ISO adalah untuk melakukan perubahan, Tim Provision of Public Administration For Government Health Services. Dalam melakukan penilaian beliau membutuhkan penanggung jawab program dalam menjelaskan proses operasional, serta proses penanganannya. Collecting information, evidences of audit, evaluasi audit serta finding, jelas Ibu drg. Indah.

Beliau juga menjelaskan tentang manajemen resiko, bagaimana melakukan pencegahan dalam memenuhi aturan yang berlaku, apakah organisasi sudah melakukan peningkatan secara berkelanjutan, bukti dan bagaimana memelihara komunikasi diantara petugas.

“Operating Principles”, dalam praktek Sistem Manajemen Mutu ISO, apakah konsisten dalam melakukan improvement, sustainable organisasi yaitu organisasi yang selalu konsisten, berkesinambungan dalam melakukan peningkatan. ISO diterjemahkan kedalam ‘Akreditasi’ dalam hal pelayanan kesehatan. Perbaikan dilakukan sebelum memperoleh registrasi penerimaan sertifikat. Sedangkan verifikasi dilakukan pada surveilans visit, jelasnya.

Lebih lanjut beliau mengatakan apabila ada temuan minor dalam audit agar segera diperbaiki, apabila tidak maka akan menjadi major, namun bila sudah diperbaiki, maka temuan minor tadi hilang, hasil penilaian menjadi rahasia antara Tim Audit dan DECRA untuk selanjutnya di review melalui reporting. Semoga penilaian Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta Dinkes Kabupaten Brebes dapat memperoleh Sertifikat Manajemen Mutu ISO, harap Ibu drg. Indah sekaligus Leader Team Audit Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015.